Rabu, 07 Januari 2009

Akses Halaman Login

Akses Login Halaman administrasi ditolak, Mengapa?
Aug 19th, 2008 | By ari syarifudin | Category: Tutorial Joomla

Salah satu permasalahan yang acapkali muncul dalam menggunakan Joomla adalah soal ditolaknya akses ke halaman login administrasi. Hal ini dialami rekan Hargun yang mengirimkan komentarnya di artikel installasi Joomla. Saya juga seringkali menerima keluhan dari klien pengguna Joomla. Untuk jelasnya saya akan bahas di tutorial Joomla ini.

Buat pengunjung baru situs ini saya menyarankan untuk berlangganan berita dari situs saya. Sehingga bila ada artikel yang baru bisa saya kirim lewat email. Caranya? Masukkan email anda di kotak berlangganan berita atau daftar lewat sini http://syarifudin.web.id/daftar/

Banyak penyebab mengapa akses menuju halaman administrasi (administrator page) ditolak. Untuk detailnya saya akan beberkan satu per satu.

1. Lupa menghapus folder installation

Ini dugaan saya yang pertama. Anda tidak akan bisa menampilkan situs atau masuk ke halaman administrator. Silakan hapus filenya bila langkah ini belum dilakukan.

2. Lupa password superadministrator

Para pengguna joomla yang masih belia (newbie) kadang suka lupa dengan password yang sudah dimasukkan saat installasi. Bila lupa agak susah untuk menampilkan kembali password. Meskipun di configuration.php password tercatat tapi itu dienkrip jadi agak rumit untuk merecover passwordnya. Saran termudah dilakan install ulang dan pastikan anda sudah mencatat passwordnya

3. Mengganti password superadministrator

Banyak alasan orang mengganti password, tapi di joomla mengganti password di level superadministrator adalah malapetaka yang tak terampunkan. Apalagi lupa membuat user admin level administrator. Makin runyam saja bila hal ini terjadi. Saran saya jangan pernah mengganti password super administrator kalau tidak terpaksa.

Tips

1. Pastikan password superadministrator sudah anda catat dan tersimpan dengan rapi jangan sampai orang tahu password anda

2. Kalau terpaksa harus mengganti password superadministrator, siapkan dulu pembuatan user admin yang baru lebih dari 2 buah user admin. Ini untuk memudahkan akses nantinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar