Jumat, 09 Januari 2009

Web-SMS application with Gammu (Part.1)

Web-SMS application with Gammu (Part.1)

Pengin bagi-bagi ilmu nih. Ini yang perdana sapa tahu berguna buat anda. Share edition kali ini mau bagi² ilmu bagaimana caranya bikin web sms application yaitu sebuah aplikasi yang bisa kirim dan terima sms dan berbasis web. Aplikasi ini menggunakan library sms gateway namanya gammu. Mungkin anda pernah denger tapi belum pernah mengaplikasikannya. Nah mungkin ini bermanfaat buat anda. Kalo ada yang lebih advance boleh nih bagi² ilmunya disini.

Yang pertama kali adalah persiapkan sebuah perangkat PC atau notebook (-terserah) dengan mengikuti requirement sbb :

* Windows XP
* Apache, PHP, MySQL (boleh pake Xampp atau Wamp. Kalo bisa mysqlnya yang versi 5.0.2 ke atas).
* Modem GSM versi AT / handphone (bisa kayak Sony Ericsson, motorolla, dsb.) - link : support ponsel gammu
* Kabeldata untuk modem (asumsi: sudah plus installer driver modem GSM juga yak.)
* SIMcard untuk modem (operator apa saja, mentari kek, simpati, jgn CDMA yak nggak nyambung soalnya :D).

Nah kalo udah semua yang di atas sudah di siapin. download dulu source Gammu librari di sini

Sudah di download?, kalo sudah silahkan extract file yang telah anda download dan letakkan di direktori C:/win32/. Ok kita tinggal dulu file extract tadi. Kita pasang dulu semua perlengkapan pendukung. Modem GSM telah terpasang dan telah di install dengan driver bawaan modem tersebut.

Cek di port berapa modem GSM anda terinstall pada komputer anda. Caranya adalah membuka file explorer windows. Lalu klik kanan pada “mycomputer”. Lalu pilih properties. Pilih tab “hardware”, lalu klik tombol “Device Manager”. klik kanan pada device “modem” yang telah terinstall. Lalu pilih properties untuk melihat portnya.

Sudah tahu dimana port modem GSM terinstall? kalo sudah, sekarang kita buka direktori C:/win32/. Lalu edit file gammurc di wordpad. Ubah bagian port dengan mengetikan port dimana modem anda terinstall. Misal “port2″. Lalu ubah bagian Connection. Dibagian ini anda bisa mengisi sesuai type koneksi modem anda. Untuk melihat type koneksi silahkan ke sini . Misalkan anda memiliki type modem GSM Sony ericsson, Samsung, Alcatel yang type koneksinya adalah AT. maka ketikan “at115200″ pada bagian connection.

gammurc

Setelah itu, kita aktifkan apache dan mysql kita. Buka xampp dan activate!. Jalankan PHPMyAdmin di browser setelah itu buat database dengan nama “smsd”. sudah? lalu dump/import file mysql.sql yang terdapat di dalam directori win32 ke database “smsd” yang sebelumnya telah anda buat. Apabila berhasil maka anda akan memiliki database smsd dengan beberapa tabel seperti “inbox”, “outbox”,”sentitems”, dsb.

Setelah itu, kita menuju ke direktori win32 lagi. Edit file smsdrc di wordpad. Ubah host, username dan password database sesuai dengan settingan database anda.

smsdrc

Sampai sini anda telah melakukan 80% persiapan untuk membangun web sms.

Buka konsol command prompt windows anda (cmd.exe) . Untuk mengecek atau mengidentifikasi modem GSM anda. Caranya adalah melalui konsol, masuklah ke directori C:/win32/ , lalu ketikan “gammu –identify”.

apabila settingan file gammurc anda sukses, maka konsol akan menampilkan informasi mengenai modem GSM anda. berupa nomor IMEI dsb. Jika tidak sukses maka cek kembali settingan port pada gammurc. mungkin settingan port anda masih salah.

Jika sukses, maka kita lanjut untuk mengaktifkan gammu sms gateway server. Dengan mengetikan

“gammu —smsd MYSQL smsdrc” . {pada –smsd itu double dash (- -), jangan sampe salah yak!!}

Apabila sukses maka konsol akan menjalankan server gammu. Jangan tutup konsol ini, biarkan berjalan di background.

Coba cek database smsd dan browse tabel inbox. Jika berhasil connect ke modem, maka tabel inbox akan berisi sms-sms yang ada pada modem GSM anda.

Nah, sampe sini database anda sudah berhasil menerima sms dari modem. Tampilkan tabel “inbox” ini dengan PHP. Dan jalankan dengan browser. Anda sudah bisa mengakses “SMS masuk” dari browser anda. :D selamat!

Nah sekarang bagaimana caranya mengirimkan SMS dengan WEB ?, caranya buatlah sebuah form input dengan PHP untuk melakukan insert data kedalam tabel outbox. harap perhatikan ini, Sejatinya, untuk melakukan pengiriman SMS pada gammu server adalah dengan cara meng”insert” record ke dalam tabel “outbox”. Jangan lupa pesan text anda harus terinsert ke dalam field “textDecoded” dan nomor tujuan anda insert ke field “DestinationNumber”.

Coba lakukan pengiriman SMS dengan nomor tujuan nomor Modem GSM anda sendiri. Sampai disini anda telah berhasil membuat sebuah aplikasi menerima dan mengirim SMS dengan Gammu. Buatlah halaman web dan jalankan dibrowser dengan hanya mengakses database “smsd” tadi.

Jangan lupa ya, untuk mengetest pengiriman modem GSM anda harus “pulsa ready” , kalo nggak bagaimana anda bisa melakukan pengiriman SMS. (”ya iyyaa laah…”). :D.

Ok, semoga bermanfaat yaa.. untuk bagian 2. Saya akan berikan tutorial bagaimana caranya untuk membuat sms autoreply dengan gammu. Wah pokoknya tambah canggih nanti web smsnya.

o iyaa nggak lupa, tulisan ini diambil dari berbagai sumber . tetep naro daftarnya nih di bawah..

1. gammu
2. tutorial ilmukomputer.com
3. sang developer

dah yaa…mudah2an berguna, kalo ada yang salah itu dari saya sendiri. mohon di maapin.

Bertanya lebih jauh?? Ke forum gammu nya freaksides aja disini > http://www.freaksides.com/forum
Tags: Application, Gammu, MySQL, PHP, SMS, web

This entry was posted on Thursday, February 21st, 2008 at 7:00 pm and is filed under Share. You can follow any responses to this entry through the comments feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Tags: Application, Gammu, MySQL, PHP, SMS, web

Posted in Share
50 Responses to “Web-SMS application with Gammu (Part.1)”

ota March 17th, 2008 at 9:23 pm

slm kenal…saya mau tanya gmna cara buat auto responnya ya…tapi datanya dari tabel lain dengan perintah yang kita tentukan..

miftahsteven March 18th, 2008 at 11:22 am

kalo boleh saya sarankan, gunakan database trigger di mysql 5.0.2 keatas atau di postgres.
Buatlah sebuah trigger spt ini misalnya:

delimiter //
CREATE TRIGGER autoreply_gammu AFTER INSERT ON inbox
FOR EACH ROW BEGIN
INSERT INTO outbox SET TextDecoded = ‘‘;
END;
//

Kalo mau ambil data terakhir yang masuk ke field textdecoded tinggal pake “NEW.TextDecoded”. Misalnya kita punya format SMS tertentu sehingga di haruskan ada pengecekan ke tabel field TextDecoded Tabel outbox. Tinggal gunakan

INSERT INTO outbox SET TextDecoded = substring(NEW.TextDecoded, 0,2) /*misalnya*/

Atau tambahkan perintah SELECT ke tabel lain, jika data yang ingin di kirimkan dari tabel lain… misal:

INSERT INTO outbox SET TextDecode = (SELECT field FROM tabel_lain WHERE key = SUBSTRING(NEW.TextDecoded,0,2)) /*contoh lain*/….

dan masih banya lagi cara dengan trigger. pinter2 kita untuk ngedisain trigger di db.

Semoga membantu… thnx

ota March 19th, 2008 at 9:44 pm

kemarin udah ta coba pakai trigger tapi saya masih kesulitan di perintah insertnya itu..no tujuan sudah bisa masuk tapi untuk akses daritabel lain ko ga muncul ya…?saya pake script anda yang di part 2
DELIMITER //
CREATE TRIGGER infonilai AFTER INSERT ON inbox
FOR EACH ROW BEGIN
insert into outbox values (”,”,”,”,NEW.SenderNumber,’Default_No_Compression’,”,
‘-1′,(SELECT nilai_value FROM nilai_mahasiswa
WHERE nilai_type=SUBSTRING(NEW.TextDecoded,6,4) AND
student_id=SUBSTRING(NEW.TextDecoded,11)), ”,’false’,'-1′,”,”,”,”);
END;
//DELIMITER ;
jadi perintah SELECT nilai_value FROM nilai_mahasiswa
WHERE nilai_type=SUBSTRING(NEW.TextDecoded,6,4) AND
student_id=SUBSTRING(NEW.TextDecoded,11)
tidak dapat muncul di outboxnya.dan saya juga bingung maksud angaka 6,4 yang terdapat pada:(NEW.TextDecoded,6,4)dan 11 pada(NEW.TextDecoded,11)
perintah yang saya inginkan seperti ini mas
nilai#student_id#nama
sehingga hasil data yang ingin dikirimkan seperti ini misal:
(nilai anda adalah 90 saudara ota)
mohon bantuannya untuk TA terimakasih sebelumnya…

miftahsteven March 20th, 2008 at 2:43 pm

ok saya akan jelaskan lagi!.
maaf pada jawaban comment kemarin saya teledor bikin script di bagian
“CREATE TRIGGER infonilai AFTER INSERT ON outbox”, seharusnya “CREATE TRIGGER infonilai AFTER INSERT ON inbox”, mudah2an tidak mengganggu skrip anda.

ok, kita umpamakan anda memiliki format SMS spt ini.

INFO#Student_id#mata_kuliah ;

detail :
INFO : keyword “info” merupakan keyword universal yang akan menjadi keyword pengecekan fungsi format SMS kita. Dan saya sarankan untuk keyword universal jangan terlalu kebanyakan karakternya. Maximal 6 karakter contoh “INFO”, “REG”, “REQ” dll. Mengapa ini dibatasi?? Jika memang dimungkinkan standar key universal semua jumlah karakter sama, krn ini berkaitan dengan penggunaan fungsi SUBSTRING di MySQL.

Student_id : keyword yg merupakan primary_key untuk mengambil data ke tabel lain, tentunya ke tabel mahasiswa pada contoh disini. Ini juga kalo bisa di standarkan jumlah karakternya. Misalkan ada disebuah kampus punya standar IDSTUDENT/NRP : “99511034″ atau “MHS234″, jika bisa dimungkinkan jumlah karakter semua mahasiswa/siswa di batasi karakternya. MISAL: maximal 8.

mata_kuliah: keyword yang merupakan primary_key untuk mengambil data ke tabel mata kuliah. Dan sama dengan keyword student_id, kalo bisa ini di batasi… misal:
Mata kuliah Jaringan Komputer : JRKM, JARKOM
Mata kuliah Kalkulus : KALK, KLKLUS
dan seterusnya.

pembatasan ini berkaitan dengan penggunaan substring mysql. karena ketika kita membuat sebuah kondisi di trigger yang jumlah karakternya tidak sesuai pada fungsi substring, otomatis data yang akan di minta tidak akan masuk ke tabel “outbox”.

Sekilas ttg fungsi SUBSTRING. coba kita lihat ke manual MYSQL di sini >> http://dev.mysql.com/doc/refman/5.0/en/string-functions.html#function_substring

SUBSTRING bertujuan memecah format SMS yang masuk ke inbox.
misalkan
NEW.TextDecoded = “INFO#99511017#JRKM” (tanpa tanda kutip)
maka:
SUBSTRING(NEW.TextDecoded,6,8) => “99511017″ diambil mulai karakter ke 6 dan mengambil 8 karakter dari keyword.
SUBSTRING(NEW.TextDecoded, 15,4) => “JRKM” diambil dari karakter 15 dan diambil hanya 4 karakter saja.

Jadi jika kita melakukan select spt ini…

SELECT nilai FROM nilai_mahasiswa WHERE student_id = SUBSTRING(NEW.TextDecoded,6,8) ; kita akan mendapatkan query spt ini.
SELECT nilai FROM nilai_mahasiswa WHERE student_id = 99511017;

Begitu juga dengan Karakter “JRKM”.

Kesimpulan, jika kita memiliki format SMS spt ini…
INFO#99511017#JRKM (nilai jarkom untuk id 99511017)

delimiter //
CREATE TRIGGER info_nilai AFTER INSERT ON inbox
FOR EACH ROW BEGIN
insert into outbox values (”,”,”,”,NEW.SenderNumber,’Default_No_Compression’,”,
‘-1′,(SELECT nilai_value FROM nilai_mahasiswa
WHERE mata_kuliah = SUBSTRING(NEW.TextDecoded,15,4) AND
student_id=SUBSTRING(NEW.TextDecoded,6,8), ”,’false’,’-1′,”,”,”,”);
END;
//Delimiter;

dan untuk itu coba lihat manual substring di mysql website. Mudah2an membantu. Maaf jika kurang jelas.

ota March 21st, 2008 at 9:10 pm

oke deh makasih ya mas atas bantuannya…
ntarta coba untuk aplikasikan tutorial dari anda…

ota March 22nd, 2008 at 8:43 pm

mysql> delimiter $$
mysql> CREATE TRIGGER infonilai AFTER INSERT ON inbox
-> FOR EACH ROW BEGIN
->if SUBSTRING(NEW.TextDecoded,1,6)=’NILAI’ then
-> insert into outbox (InsertIntoDB,SendingDateTime,DestinationNumber,Coding
,TextDecoded,SendingTimeOut,DeliveryReport) values (now(),now(),NEW.SenderNumber
,’Default_No_Compression’,(SELECT nilai_value FROM nilai_mahasiswa WHERE nama=SU
BSTRING(NEW.TextDecoded,7,6)),now(),’yes’);
->else
-> insert into outbox (InsertIntoDB,SendingDateTime,DestinationNumber,Coding
,TextDecoded,SendingTimeOut,DeliveryReport) values (now(),now(),NEW.SenderNumber
,’Default_No_Compression’,'format sms yang anda kirim salah’,now(),’yes’);
->end if;
-> END$$

maaf mas balik lagi masih aga bngung ni..kemarin udah ta coba tanpa logika if else datanya sudah berhasil saya tampilkan di outbox..tapi ketika saya tambahin if else ko ga bisa muncul lagi ya di outboxnya….?script yang saya pkai seprti yang di atas…
dan format yang saya gunakan seperti ini..

nilai#student_id#nama

oh iya mas apa kita hanya bisa ambil satu data aja dari tabel nilai?masalahnya kemarin udah ta coba masukkan nilai ama nama ga bisa..?
misalnya:

(SELECT nilai_value,nama FROM nilai_mahasiswa WHERE nama=SUBSTRING(NEW.TextDecoded,7,6))

dan apabila kita ingin menambahkan kalimat didepan (SELECT nilai_value FROM nilai_mahasiswa WHERE nama=SUBSTRING(NEW.TextDecoded,7,6)) ko g bisa ya mas?
seperti ini misalnya:

nama ‘nama’ nilai anda adalah: ‘nilai_value’;

jadi data yang ingin kita masukkan ke tabel outbox seperti itu bisa g mas?
kemarin udah ta coba tapi masih error mas…

thanks so much atas bantuannya mohon pencerahan….

miftahsteven March 24th, 2008 at 10:45 am

apabila format sms kamu spt ini…
nilai#student_id#mata_kuliah;
coba kondisikan spt ini
IF substring(NEW.TextDecoded,1,5) = ‘NILAI’ THEN
–query insert ke tabel outbox dan ambil data ke table nilai_mhs;
END IF;
IF substring(NEW.TextDecoded,1,5) = ” THEN
–query insert ke tabel outbox :: textdecoded = ‘format sms yang anda masukan salah’;
END IF;

artinya coba buat kondisinya per IF / END IF;

yang kedua…
untuk mengambil data nama dan nilai_value jgn kamu jadikan satu query…, krn data yang kita input memerlukan query yang menghasilkan 1 data record saja. Kalau pun membutuhkan record yang lain, lakukan query lagi setelah statement query pertama.

Untuk mempermudah penyatuan data mahasiswa dan data nilai mata kuliah, coba kamu buat view untuk mempermudah query kamu.

Yang ketiga…
untuk menambah kata2, “NAMA nilai anda adalah : 45.33″, coba kamu gunakan fungsi CONCAT mysql. CONCAT itu dapat memberikan output string sesuai dengan yang di inginkan.

MISAL : SELECT CONCAT(’nama’, nama_mhs, ‘nilai anda adalah :’, nilai_value) FROM nilai WHERE student_id = SUBSTRING(NEW.TextDecoded,7,6) ;

coba kamu lihat manual concat di mysql manual. :D semoga membantu yaah….

ota March 24th, 2008 at 9:51 pm

IF substring(NEW.TextDecoded,1,5) = ‘NILAI’ THEN
–query insert ke tabel outbox dan ambil data ke table nilai_mhs;
END IF;
mas dalam script saya yang diatas khan udah ta buat seperti itu tapi ifnya menggunakan huruf kecil apa itu berpengaruh/case sensitif mas?

dan maksudnya concat substring itu apa mas…
masalhnya kemarin udah baca” tapi belum faham maksudnya..

thanks banget ya mas udah banyak membantu..

miftahsteven March 25th, 2008 at 11:18 am

coba telusuri posting forum mysql di :
http://forums.mysql.com/read.php?99,166563,166563

setahu saya tidak dibedakan if atau IF.
concat mysql itu bertujuan menyatukan string yg kita inginkan dengan data keluaran dari field yang kita inginkan. Untuk penggunaan perinta concat coba kamu lihat mysql function manual di :
http://dev.mysql.com/doc/refman/5.0/en/string-functions.html#function_concat

semoga membantu ya..
dan jangan bosen bertanya… thx

-agit- March 27th, 2008 at 2:40 pm

mas..
gni loh..
pertanyaan aq g susah2 lh….
hp sudah terkoneksi, identify gammu sudah trlaksana dgn lancar…
masalahnya, di aktivasi saya sepertinya tidak berhasil…

satu lagi yang mau saya tanyakan, bagaimana cara mengirimkanpesan. saya sudah coba dengan cara menginsert data ke table outbox, tapi tidak berhasil…
apa saya salah mengisi fieldnya..??
tolong bantuuannya mas…

_alny saya berencana mengangkat judul ini untuk skripsi saya. makasih… :)

miftahsteven March 27th, 2008 at 3:19 pm

coba cek setelah command gammu –identify,
bisa jadi ternyata belum mendapatkan hasil yg seharusnya…
coba cek IMEI number,port modem dan Tipe Koneksinya di hasil identifikasi commandnya.

Tapi kalo memang bener² menurut anda identifikasinya sempurna, dan bermasalah dengan aktivasi commandnya…
coba cek settingan databasenya di file smsdrc. Cek apa sudah benar atau belum. Karena kalo salah, gammu tidak akan terkoneksi dengan database.

untuk mengirimkan sms, kita coba insert data ke tabel outbox insert ke field DestinationNumber dan TextDecoded. Dan set Field Coding ke ’Default_No_Compression’

Untuk kirim SMS, kita harus berhasil mengaktifkan server gammu, kalo berhasil konsol nya jangan ditutup, biarkan gammu aktif cukup di minimize di desktop.

Biasanya setelah aktivasi server, data sms dari modem, semuanya masuk ke database mysql. dan juga ditandai, semua sms di modem terhapus. (move data sms)

semoga membantu.

ota April 4th, 2008 at 9:43 pm

balik lagi mas….

kemarin udah ta coba semua mas maksh bangt udah berhasil mas…tapi ada masalah baru lagi mas…
jadi istilahkan saja ada tabel khusus untuk berita..
tabel berita misalnnya berisi ID,Berita nah ketika kita insertkan data berita baru ke tabel berita semua member yang telah registrasi terkirimi oleh berita baru kita itu…jadi kita ambil phone numbernya dari tabel member yang berisi ID,PhoneNumber,NIM,Nama misalkan jumlah member kita 20an gt…jadi member itu langsung mendapat info baru yang kita insertkan ke tabel berita tadi gt…

terus yang kedua untuk mengenai auto refresh di php yang menggunakan timer mas…
saya udah coba gunakan meta tapi malah refresh terus scriptnya seperti ini mas:

maksih b 4na….

miftahsteven April 10th, 2008 at 12:53 pm

kalo gitu coba buat trigger auto insert ke outbox aja. Tapi kali ini triggernya dibuat AFTER INSERT tabel_news. bgitu kali pak.

maaf baru bales…

kalo belum jelas silahkan tanya lagi.

Pake ajax autorefresh.

ota April 10th, 2008 at 9:40 pm

oke deh mas thanks banget…
o iya untuk yang pake ajak contoh scriptnya seperti apa mas…?

sigit April 12th, 2008 at 11:18 am

mass aq ada masalah pake gammu saya pake gammu versi 1.18.0 hp saya kedetek trus waktu kujalankan smsdnya mau jalan

tapi waktu saya kirim sms ke yang terkonek PC saya gammunya langsung error
keluar error dari microsoft. dan gammu berhenti

trus waktu kucoba kirim sms dari tabel outbox kuisikan DestinationNumber,TextDecoded bisa terkirim cuma masalahnya
sms yang masuk kok SMS KOSONG.table outbox kosong masuk ke tabel SentItems.

sigit April 12th, 2008 at 11:19 am

oya lupa HP yang saya gunakan siemens C55.terima kasih atas bantuannya

ota May 13th, 2008 at 3:54 pm

mas tanya lagi mas..
ma,f banget ya mas kalo menggangu kesibuknnya..
yang kemarin terimaksih banget mas tutorialnya..
tapi gimana caranya mas supaya perintah-perintah seperti

nilai#student_id#mata_kuliah;

bisa kita customize tanpa kita masuk ke triggernya intinya kita buat dinamis mas…
thanks b 4 na..
sorry mas ty truz..cz msh shochk..

lilaa June 24th, 2008 at 11:17 am

mas… aq binggung bgt browse sms inboxnya gmn??
aq cuman bisa ngirim doank
ngeliat sms masuk ke database gak isa??

gimna caranya?

miftahsteven June 24th, 2008 at 11:53 am

coba dicek database gammu nya. Karena secara logis apabila anda sudah bisa berkirim SMS, anda harusnya sudah bisa memperoleh SMS yang terkirim ke modem setelah command “gammu —smsd MYSQL smsdrc” .

Heri June 24th, 2008 at 4:47 pm

boz, saya tuh bikin aplikasi di php + pake trigger di mysqlnya.

kenapa pas dijalanin dari program yg saya bwt, smsnya ga nyampe. jadi pesennya itu cuman nyampe outbox aja. ga masuk ke sent item. bukannya ketika pesan masuk outbox akan secara otomatis masuk ke sent item?
tapi kalo mengirim pesan langsung dari mysql bisa nyampe ke hp tujuan…

kira2 letak salah saya dimana ya?

thx

miftahsteven June 25th, 2008 at 1:25 pm

Coba cek skrip php di bagian insert ke tabel outbox, mungkin ada beberapa field yang belum di set valuesnya…, kalo memang mau di biarkan null, beri saja kutip kosong (”)…
atau bisa jadi php connectionnya belum mengarah ke database gammu.., ini sptnya masalah di PHP scriptnya. Krn gammunya sudah bisa berkirim sms ya tho…

semoga membantu…

HR July 1st, 2008 at 11:14 am

Mas miftah yang budiman, baik hati dan tidak sombong .. saya ingin bertanya .. “Kapan kah mas miftah membayar utang?” …

Maklum mas, sekedar mengingatkan saja, sudah hampir 2 tahun loh mas …

Xixixixixi

iRene July 10th, 2008 at 10:50 am

Mas mau tanya klo setelah saya jalankan command
gammu –smsd MYSQL smsdrc

hasilnya seperti ini :

41A : 54T:2B+: …..
1 “At+CPIN?”
2 “+CPIN:READY”
RECEIVED frame type 0×00/length 0×19/25
41A : 54T:2B+: …..
Security status received - nothing to enter
1 “OK”
RECEIVED frame type 0×00/length 0×04/4
4FO:4BK:0D:0A
UPDATE ‘phones’ SET ‘TimeOut’ = (NOW() + INTERVAL 10 SECOND)+) WHERE ‘IMEI’ =’354350009355467′
Getting security code status
SENDING frame type 0×00/length 0×09/9

muncul berulang2 sampai ga ada berhenti2nya sampai berjam2, kira2 itu yg salah apa yah? aau memang hasilnya harusnya seperti itu? Mohon pencerahannya :D. Thx before

miftahsteven July 10th, 2008 at 10:59 am

ya memang harusnya spt itu, itu adalah proses dimana gammu harus mengupdate terus keadaan modem gsm. Mungkin akan berulang-ulang. Jadi jangan ditutup windows command promptnya.

semoga membantu.

nb: tp coba dicek juga apa sms di modem sudah masuk ke database mysql smsd?? kalo belum , itu artinya proses di konsol cmdprompt yang berulang-ulang itu merupakan proses error gammu.

jerry August 12th, 2008 at 11:28 am

trimakasih mas ats artikel nya karna membantu sekali buat saya.ada beberapa kendala yang saya temukan dalam melakukan pengiriman sms..kata yang saya send tidak sama dengan kata yang di terima oleh penerima sms..saya sudah menginsert destinationnumber dan textdecode..namun hasil nya sama..kata nya berubah menjadi karakter aneh ketika sampai kepada si penerima pesan..lalu..sms yang sampai tidak bisa masuk inbox dalam artian hanya bersifat flash sms ..mohon kesediaan mas dapat memberikan pemecahan masalah yang saya temukan tersebuut..sebelum nya saya ucapkan trimakasih dan smoga sukses slalu buat mas..amin

miftahsteven August 12th, 2008 at 11:50 am

permasalahan mas jerry sepertinya ada di field “Coding” pada table Outbox. Untuk mengirimkan pesan karakter2 standar coba set ke ‘Default_No_Compression’. Kemungkinan karakternya berubah ke karakter UTF.

Untuk menggunakan type/jenis sms, anda bisa mengubah-ngubah sesuai keinginan anda. Adanya di field “Class” pada table Outbox. Secara default seharusnya field class akan terisi angka ‘-1′ artinya sms secara default akan bertipe no flash sms.
Mungkin bisa jadi pada saat mas jerry menginput ke field “class”, terisi value bernilai ‘1′, krn value di set ke angka 1 pada field class artinya sms terkirim berjenis FLASH sms..

semoga membantu..
Correct Me If Im wrong :)

firdaus August 13th, 2008 at 11:25 am

aku da coba tutorial diatas, tp ketika q ketik gammu –smsd MYSQL smsdrc, memang bisa jalan di DOS, tapi kadang-kadang terputus-putus (langsung kembali di C:\win32), tapi kadng2 normal. masalahnya tutorial yg Q baca pokoknya perintah diatas tadi jalan maka semua inbox sms yg ada di HP akan masuk ke tabel inbox gammu ??? tapi punya Q kok g bisa ???? aku cb kirim lewat outboxnya juga g bisa padhal service smsd gammunya tetap hidup ???, tapi kadang2 bisa ngirim tapi saat diterima oleh HP lain isinya kosong tidak ada messagenya, pdhal di outbox gammu colom textcodenya da Q isi pesan,field conding uda ‘Default_No_Compression’, dan class juga uda -1

mohon bantuannya secepatnya ..

Q paake windows server 2003, modem HP Nokia N30, wampserver terbaru dan gammu spt diatas

trims to all

firdaus August 13th, 2008 at 11:32 am

punya Q juga sma kyk maslhnya IRENE, smsd gamuu berulang2 terus tapi isi sms di HP koq gak masuk di inboxnya gammu ..??? kenapa bisa begitu ???

padahal saat q lihat di phpmyadmin milik wamp server di bagian SHOW PROCESSLISTnya database sms jalan :

Show Full Queries ID User Host Database Command Time Status SQL query
Kill 158 root localhost:3336 sms Sleep 0 — —
Kill 193 root localhost:3500 None Sleep 0 — —
Kill 194 root localhost:3501 mysql Query 0 — SHOW PROCESSLIST

kata mas miftah kan klo berulang2 terus mgk proses di konsol cmdprompt yang berulang-ulang itu merupakan proses error gammu. trus solusinya spt apa ???

aku cb versi gammu 1.17, malah lgs balik ke C:\ pdhl belum aku tekan Ctrl+C

mhn bantuanya

firdaus August 13th, 2008 at 11:41 am

isi setting file gammurc Q :

[gammu]

port = com1:// aku gunakan port com1
#model = 6110 // type hp q modem N30 jdi modelnya tidak spt HP pd umumnya
connection = at19200 //aku lihat di device manager maximum 115200 tapi q baca di web gammu utk N30 connection pake at19200 jd q ubah settingan hardwarenya
#synchronizetime = yes
#logfile = gammulog
#logformat = textall
#use_locking = yes
#gammuloc = locfile
#startinfo = yes
#gammucoding = utf8
#rsslevel = teststable
#usephonedb = yes

//script [gammu1] Q gak tau jadi q biarkan, maksudnya apa ?? apa di isi spt script[gammu]

[gammu1]

port = com8:
#model = 6110
connection = fbusblue
#synchronizetime = yes
#logfile = gammulog
#logformat = textall
#use_locking = yes
#gammuloc = locfile
#startinfo = yes
#gammucoding = utf8

————settingan file smsdrc Q :
user = root // qpake user root
password = //passwordnya tdk aku beri
pc = localhost // pake localhost
database = sms // database aku buat di wamp server versi baru yaitu versi mysql 5.0.51 php 5.2.6 dan apache 2.2.8 dan Q beri nama “sms” dg import file contoh mysql.sql dari gammu jadi lgs jadi beberapa table inbox,outbox dll

———————————–
tapi masalahnya tetap saja isi sms di HP tidak tampil di inbox gammu ?????????????
walaupun service smsd jalan ….!!!

firdaus August 13th, 2008 at 11:46 am

————saat aku ketik gammu –identify :

Size : 35
Getting phone SMS status
SENDING frame type 0×00/length 0×12/18
41A|54T|2B+|43C|50P|4DM|53S|3D=|22″|4DM|45E|22″|2C,|22″|4DM|45 AT+CPMS=”ME”,”ME
22″|0D “.
1 “AT+CPMS=”ME”,”ME”"
2 “+CPMS: 0,20,0,20,0,55″
3 “OK”
RECEIVED frame type 0×00/length 0×31/49
41A|54T|2B+|43C|50P|4DM|53S|3D=|22″|4DM|45E|22″|2C,|22″|4DM|45 AT+CPMS=”ME”,”ME
22″|0D |0D |0A |2B+|43C|50P|4DM|53S|3A:|20 |300|2C,|322|300|2C “…+CPMS: 0,20,
300|2C,|322|300|2C,|300|2C,|355|355|0D |0A |0D |0A |4FO|4BK|0D 0,20,0,55….OK.
0A .
SMS status received
Used : 0
Size : 20
UPDATE `phones` SET `TimeOut`= (NOW() + INTERVAL 10 SECOND)+0 WHERE `IMEI` = ‘35
0775910752149′
Getting security code status
SENDING frame type 0×00/length 0×09/9



satwika August 13th, 2008 at 9:21 pm

mas.. saya uda coba triggernya di cmd windows..
ada error kayak gini “This version of MySQL doesn’t yet support ‘multiple triggers
with the same action time and event for one table’ ” apakah karna musql saya versinya udah lama (padahal saya liat versinya 5.0.27.. apa saya perlu install yang lebih baru? saya pake Appserv 2.5.8 mas.. apa ada versi terbaru dari appserv yang ada database mysql terbaru yg support trigger? mohon jawabannya mas.. saya buat bikin TA..

miftahsteven August 14th, 2008 at 9:13 am

sepertinya kalo saya lihat errornya, mysql mendeteksi adanya trigger yang diperlakukan pada tabel yang sama. dan pada mysql versi itu tidak support untuk membuat trigger yg memperlakukan tabel yang sama.

coba di lihat dulu trigger yang ada, kalo memang sudah ada, dihapus terlebih dahulu dengan printah “DROP trigger nama_trigger”.

itu analisa awal saya, mohon di beritahu kalo saya salah.

thanks semoga membantu.

wong_gendeng August 14th, 2008 at 2:16 pm

lho masalahq sama ma punyanya mas firdaus…tolong d jawab donk

septi August 14th, 2008 at 2:41 pm

terimakasih mas atas tutorialnyya.. saya sangat senang sekali setelah baca tutorial mas, sekarang saya sudah berhasil.

tapi ada beberapa pertanyaan yang ingin saya sampaikan.

saya menggunakan nokia 9500, semua sudah berjalan lancar… tapi untuk baca sms yang ada di phone / memori( bukan di simcard ) belum berhasil.
kecuali yang ada di simcard ( langsung masuk ke database )

nah, yang ingin saya tanyakan bagaimana caranya agar isi sms yang ada di phone bisa di masukkan ke database…

saya sangat mengharapkan balasannya…

terimakasih

miftahsteven August 15th, 2008 at 2:01 pm

sepertinya ini kasus baru yaa…, mbak septi. Biasanya justru gammu mengambil semua data yang ada di memori telp. Boleh saya tahu settingan gammurc nya mungkin??

thanks

Agung September 19th, 2008 at 10:18 am

trima kasih mas atas miftah. dah diperbolehkan berkunjung dan mendemokannya smsgatewaynya . mantap banget, nanti klo punya saya selesai juga akan saya share dengan mas miftah.

miftahsteven September 19th, 2008 at 10:38 am

:P dengan senang hati. semoga bisa membantu walaupun cuma sedikit.

Agung September 25th, 2008 at 8:09 pm

saya mau tanya gemana cara menjalankan. c:\win32\gammu –identify dan c:\win32\gammu –smsc Mysql smsdrc , memalui php, jadi saya tidak haru buka command line untuk menjalankan command tersebut. mohon pencerahannya..
saya sudah menggunakan @exec(’c:\win32\gammu –smsc MYSQL smsdrc’); melalui php tapi tidak bisa jalan juga servicenya..
trimakasihhh

rey October 10th, 2008 at 11:49 am

saya menggunakan siemen c50
[gammu]
port = com10:
connection = at19200
;synchronizetime = yes
logfile = gammulog
logformat = textall
use_locking = yes
gammuloc = locfile
;startinfo = yes
gammucoding = utf8
usephonedb = yes

when i type ‘gammu –identify’ the result is :
D:\Gammu-1.21.0\bin>gammu –identify
Manufacturer : Siemens
Model : M50 (M50)
Firmware : 14
IMEI : 350810370034454
Product code : M50
SIM IMSI : 510013940307096

but when i type
D:\Gammu-1.21.0\bin>gammu –sendsms text 08174777622 there is error
‘the exception unknoen software exception (0xc00000fd) occurred in aplication location 0×004335fb. click on OK to terminate the program.

masalahnya dimana ya? makasi bantuannya

miftahsteven October 10th, 2008 at 6:35 pm

maaf baru respon. commentnya masuk ke spambox,
masalahnya mas rey sptnya ada interupt by modem. ada masalah koneksi modemnya mas rey.

cmiiw

Benny (BenS) October 13th, 2008 at 5:57 pm

Mas saya minta tuntunan belajar sms gammu dari awal donk? boleh ga mas? soalnya saya masih agak bingung untuk memahaminya. bulan lalu saya bikin projek untuk mata kuliah saya yaitu sms gateway dgn menggunakan FBUS15. saya bikin aplikasi request lagu pada radio secara otomatis dan alhamdulillah sukses, tapi masih ada kendala. aksesnya lama & harus menggunakan komputer berspeak besar. saya disarankan untuk menggunakan gammu oleh dosen saya untuk Tugas akhir saya. jadi mohon bantuannya???? Tak tunggu ya Mas? salam kenal ya Mas? Benny

Agung October 15th, 2008 at 6:18 pm

D:\Gammu-1.21.0\bin>gammu –sendsms text 08174777622 there is error
‘the exception unknoen software exception (0xc00000fd) occurred in aplication location 0×004335fb. click on OK to terminate the program.

ini coba pake “echo test sms |gammu –sendsms TEXT 08174777622″

semoga membantu

deni mulyana November 1st, 2008 at 9:38 am

trims yawh atas infonya…
w copy nih infonya…
wassalam…

dyan November 3rd, 2008 at 11:01 am

saya baru belajar php. minta tolong dong kirim coding buat form input dengan PHP untuk melakukan insert data kedalam tabel outbox. untuk kirim dan menerima sms. makasih yaa

miftahsteven November 4th, 2008 at 3:41 pm

anda tinggal gunakan NAURA SMS, sudah tinggal install dan pakai buat aplikasi sms.
semoga membantu

wijaya kusuma November 25th, 2008 at 1:02 pm

mas aku mau tanya nehh, aku bisa terimas sms tapi ngirimnya kok ngak mau yahh,,
aku hanya menginput di filed textdecode dan di destinationnumber nya aja mas…mita tolong yah mass. makasihh

miftahsteven November 25th, 2008 at 1:08 pm

harusnya udah bisa. Tp coba check di field CODING, dan itu anda isikan Default_No_Compression khan?

pulsa ready juga khan?

boim December 19th, 2008 at 11:45 pm

mas, mo nanya ni…
gammu ini mendukung database FIREBIRD ato INTERBASE ngga ye….?

Thanks 4 d’Answer:)

fathul December 31st, 2008 at 10:12 am

mskih banyak infonya. pake trigger, boleh juga. soalnya sebelumnya sy pake ajax. jd dgn ajax d lakukan proses refresh browser yg berulang-ulang. script pengecekan dgn php. emang berat sih. klo data dikit ok lah, kalo banyak ?? “cape de…h”. so thx for trigger solution. bisa di jajal neh. Ijin pake naura-nya boz.

miftahsteven December 31st, 2008 at 10:16 am

lebih bagus lg kalo trigger di mix dengan ajax. :P jadi itu ajaxnya jgn di remove.
nuhun, kalo mau develop naura jd lebih mantap pake ajax. :D

sukses mas!


Leave a Reply

Name (*) :

Email (*) :

URL :

Comment (*) :

Friday, January 09, 2009
(",)

steveFreaksides: Sisi-sisi yang terbuang. Hal-hal yang sudah tidak terpakai tidak selamanya sampah. Mungkin masih bermanfaat. Banyak hal yang anda dapat di sini, dan memang tidak begitu penting. Tapi semua yang terbuang disini bisa jadi bermanfaat buat anda. Di sisi-sisi yang terbuang inilah saya ingin berbagi.

* Advertise Now
* Advertise Now

* Advertise Now
* Advertise Now

* Recent Post
* Recent Comments
* Archives

Recent Post

* Info : List PhoneDB and Connection Type For Gammu
* “Gammu with MySQL procedure”
* “Naura SMS is available now”
* Tutorial Gammu Versi PDF
* “update freaksides”
* SMS Client Application v.2.0
* Coret²an: Array Lebih Jauh!!
* “klorofil:The PHP Desktop”
* “Futsal” (The Balls Bintaro)
* Review : www.coder.web.id : “Indonesian Hacking Community”

Recent Comments

* Kurniawan Junaidy:kok gak bisa sign in di forum
* hendra:mas...mo nanya...klo koneksi l
* Cilik:@Chandra Kharisma tq banyak
* miftahsteven:lebih bagus lg kalo trigger di
* fathul:mskih banyak infonya. pake tri
* anam:sukses ya mas
* miftahsteven:silahkan kesini mas tono.. ht
* tono:saya pake modem solomom, untuk
* syahli:mas saya mau tanya nih, alhamd
* hartono:salam sukses... mas bs ngasih

Archives

* October 2008
* September 2008
* August 2008
* June 2008
* March 2008
* February 2008

*
Links
o Conna
o Rophenk
o Blog::Ryan
o Blog::Doddie
o Milanisti
o BengkelHosting
o Coder
o Congkak
o DetikNet
o Dyudo
o My Office
o Ilmu Komputer
o Blog::Conna
o More Insect
o Novemind

*
Meta
o Login
o Valid XHTML
o XFN
o WordPress

5 komentar:

  1. untuk script auto reply sms di php gimana ya mas? mohon bantuannya.

    BalasHapus
  2. mas saya mau tanya, gimana caranya untuk mengirimkan status kehadiran siswa dalam satu minggu
    format nya begini
    ABSEN id_siswa
    hasilya : nama_siswa tanggal : status(hadir),tanggal(sakit)...,(selama 1 minggu),,,
    terima kasih mas

    BalasHapus
  3. assalamualaikum, saya harap blog ini masih update dan masih ada admin nya, saya mau tanya ttg trigger di gammu, saya sudah berhasil bikin auto reply tapi itu jika format benar maka akan di reply, sedangkan jika format salah dan id (data dari database) salah, maka tidak di respon dan tidak di jawab, padahal sudah saya kasi syntax untuk pengirim yang salah format, rencana nya jika pengirim salah masukkan format id nya maka dapat balasan bahwa format salah, tapi ini tidak, malah di inbox gammu di bom spam sama sms yang salah format itu,

    BalasHapus
  4. mas mau nanya nih, saya punya kendala mas, kenapa yah tiap sms masuk ko tidak masuk pada databases yah, saya menggunakan hp nokia 6300 mas ?

    mohon pencerahannya mas?

    BalasHapus
  5. Mau tanya, saya kirim sms ke gammu dalam 2 paket kenapa yang terlihat di inbox hanya paket terakhir... trims.

    BalasHapus