Kamis, 08 Januari 2009

Membuat Table Di MySQL

Membuat Table Di MySQL
Langkah pertama untuk membuat proyek pemrograman database, tentu adalah mendesign blue print dari aplikasi itu sendiri. Tanpa design yang benar, kita seolah berjalan dengan mata tertutup, asal jalan saja. Tentu akan terjadi tambal sulam disana-sini di kemudian hari. Biasa setelah mendesign suatu program, saya mulai dengan membuat table-table database terlebih dahulu. Nah, kali ini saya akan mengajak anda berdiskusi tentang table-table di MySQL.

Sebetulnya dalam pembuatan table-table ada banyak hal yang harus diperhatikan, tapi karena saya juga bukan seorang database administrator yang expert, saya akan menulisanya dalam bahasa versi saya saja. Untuk membuat table, anda perlu untuk membuat schema atau database terlebih dahulu.

Anda bisa membuatnya melalui command line mysql, MySQL Administrator atau MySQL Query Browser. Sebetulnya menurut saya paling enak sih melalui MySQL Administrator. Aplikasinya pun gratis. Anda bisa download aplikasi nya di website MySQL.

Proses instalasinya sangatlah mudah, setelah file anda download, tinggal klik ganda file tersebut dan ikuti saja langkah-langkah instalasinya (kali cuman 4-6 klik tombol Next, selesai). Setelah terinstal dengan benar, anda bisa membukanya melalui menu Start -> All Programs -> MySQL -> MySQL Administrator atau klik kanan ikon MySQL yang ada di systray dan pilih menu MySQL Administrator.

Berikut langkah-langkah simple yang bisa anda ikuti:

Login dengan user name dan password anda (jika anda pengguna desktop, biasanya anda akan login sebagai root).

Jika anda belum mempunyai database/schema anda sendiri, buat dulu dengan klik tab Catalogs.

Lalu semua schema yang ada di server anda akan terlihat.

Untuk membuat schema baru, klik kanan di ruang kosong dipanel schemata lalu pilih menu Create New Schema.

Beri nama schema anda, saran saya beri nama yang mewakili isi database/schema anda.

Maka schema anda akan muncul di daftar schemata.
Untuk membuat table baru di schemata anda, klik tombol Create Table yang terletak di sebelah bawah.

Lalu akan muncul MySQL Table Editor, isi nama table di Table Name lalu mulai buat field-field baru sesuai dengan kebutuhan anda. Biasa untuk field pertama adalah Primary Key yang berisi dengan data unik dan tidak ada data kembar didalamnya. Biasanya sih saya memberinya dengan angka integer dan untuk mudahnya pastikan Auto Inc kolom anda centang sehingga setiap ada data baru, MySQL akan mengenerate nilai baru yang selalu bertambah secara otomatis. Dan berikutnya tulis field anda, saran saya jika anda membuat suatu field, berikan tipe data yang sesuai dan set panjang data maksimalnya sehingga MySQL akan berhemat resource komputer server anda. Biasanya MySQL set panjang data dengan angka dalam kurung disebelah nama tipe data nya. Misal kalau anda ingin set field nama_karyawan dengan VarChar dan maksimal panjang data adalah 45, ketik VarChar(45) di kolom Datatype.

Setelah selesai anda mengetik semua field yang anda perlukan, klik tombol Apply Changes lalu anda akan di konfirmasi pembuatan table dalam bahasa SQL nya, klik Execute untuk mulai membuat table baru tersebut.

Lalu table anda akan terlihat di daftar table.

Waduh serius sekali ya… tapi ini adalah dasar dan langkah awal yang harus kita kuasai, jika kita ingin membuat aplikasi dengan database MySQL. Bagaimana pendapat anda?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar