Rabu, 07 Januari 2009

Bisa Tidak Table mempunyai 2 Primary Key

mampir mas, sdh lama ga blogwalking ke sini.
btw, tak link ya mas
syukron
Posted by : ninik | 05-12-2008

Mau tanya ?
1.Bisa ga dalam sebuah tabel hanya memiliki foreign key saja?
2.Bisa ga dalam sebuah tabel memiliki 2 primary key ?
3.Bisa ga dalam sebuah tabel tidak memiliki primary key dan foreign key?
kalau bisa beserta sumber.makasih.



Respon :Bisa saja.. ketiga pertanyaan anda tadi bisa dijawab.. BISA(secara teknis). Tapi secara teori untuk nomor 1 dan 3 adalah konsep yg salah. Dengan Kunci (key) maka kecepatan akses tabel akan jauh lebih cepat daripada tabel yg tidak mempunyai kunci.
Posted by : Sasori | 19-10-2008

gimana cara import database pada appserv untuk meng-uploud ke internet.?


Respon :Tinggal eksport import saja, gunakan sintak export(tergantung database local) selanjutnya lakukan import di aplikasi yang ada di Internet.
Posted by : dedy | 22-07-2008

Pak, sintax yang bapak kasih liat sudah saya coba tapi kok tetep ga' bisa.saya pake koneksi dbexpress.databasenya bisa di backup ke tipe file .sql tapi isi file tersebut kosong [0 kb]. kira-kira kenapa ya pak? bagaimana contoh procedure komplitnya pak? terimakasih :-)

Respon :Jangan gunakan TADOQuery.... tapi Gunakan yang ADOcommand
Posted by : New_person | 03-06-2008

assalamualaikum pak
mau tanya pengumpulan tugas webnya paling lambat tanggal berapa?
ada yang bilang tanggal 4 juni tapi saya mohon perpanjangan waktu
boleh g'pak??

Posted by : cha | 02-06-2008

pak,saya mau tanya 1 tabel punya 2 primary key itu boleh tidak? misal saya punya tabel barang :kode(primary key),nama tabel jumlah:bulan,kode,jumlah.
nah,di tabel jumlah itu kode saya jadikan primary key juga sehingga relasi 1-1.tetapi saya mengalami masalah karena setiap kali menginputkan data maka kode akan redudance(karena 1 kode barang bisa mempunyai field bulan sebanyak 12).
kalau kode saya jadikan foreign key dan bulan saya jadikan primary key maka akan mengalami masalah yang sama (redudance bulan) sehingga saya jadikan kode dan bulan menjadi primary key semua. kira-kira boleh tidak pak?atau adakah solusi yang lain?terimakasih atas pencerahannya.
Posted by : Riza | 31-05-2008

sintax itu apa bisa digunakan di berbagai koneksi Pak, misal koneksi dengan ADO, dbexpress maupun zeos? kalau dengan dbexpress apakah dituliskan di commandtext punyanya sqldataset?maksudnya 20070602.sql itu database yang mau di backup ato databasename tujuan backup?terimakasih


Respon :harusnya bisa semua... nanti di execute bukan di Open
Posted by : New_person | 29-05-2008

Ass pak, klo saya ingin membuat field tahun yang isinya [2005,2006,2007,2008,dst] itu lebih baik menggunakan tipe data char atau tipe number?terimakasih :-)


Respon :Kalau anda menggunakan database mysql gunakan tipe data year saja, mysql sudah menyediakan. tetapi kalau tidak gunakan numeric.
Posted by : wi2q | 29-05-2008

Ass Pak Win
pak saya mo tanya,gimana procedure backup n restore database di delphi nya?saya pake db mysql 4.saya masih bingung sintax di procedurenya.mohon pencerahannnya. terimakasih


Respon :caranya dengan perintah seperti di bawah ini
mysqldump db > c:backupdb_20070602.sql -h localhost -u user -p passwd
untuk melakukan import(restore) database nya... perintahnya cukup mengganti sintax > menjadi <
Posted by : New_person | 26-05-2008

Gile Bener, Seru Banget Nonton TV Indonesia Live di www.imediabiz.tv
Posted by : voezie | 16-05-2008

assalamualaikum pak
mau tanya sayakan buat web pake firework dan dreamweaver la saya ingin menampilkan file login diweb saya,padahal kan file loginnya php apa bisa dijadikan html???bagaimana caranya??
atas perhatiannya terima kasih
wassalam....


Respon :Sebenarnya ekstensi php atau HTML sama saja..... asal di apache nya diterjemahkan ekstensi itu(biasanya dikenali oleh apache),untuk mengubahnya menjadi html silakan di save as saja menjadi html. Apakah kita bisa menggunakan ekstensi lainnya... tentu bisa... apakah kita bisa menggunakan ekstensi sendiri.. misal .win. Bisa saja... coba eksplorasi masalah server apache bagaimana menggunakan ekstensi lain...
Posted by : cha | 15-05-2008

Assalamu'alaikum Pak Win sy mau tanya soal apache waktu dijalankan ada error : Address already in use: make_sock: could not bind to address 0.0.0.0:80
no listening sockets available, shutting down
solusinya bagaimana ya pak? Terima kasih.


Respon :anda bermain di windows atau NUX/NIX.. kalau di windows, saya sarankan anda menginstall salah satu aplikasi WAMP(Appserv, PhpThriad,EasyPhp dll). Langkahnya anda uninstall dulu existing apache dan MySQL, kemudian install aplikasi WAMP
Posted by : rin | 28-04-2008

Pak saya sudah coba belajar dbchart tapi belum mudeng2.Bapak punya referensi yang bisa lebih memudahkan saya buat belajar ga? :-)
terimakasih


Respon :Saya ada... nanti sy sampaikan di Tutorial Kuliah...
Posted by : new_person | 28-04-2008

Pak,
saya mau tanya soal tipe data. untuk tipe data float ataupun double itu apakah juga bisa di set lenght nya? seperti halnya char ataupun varchar. beda int(5) sama mediumint (5) itu bagaimana?apa cuma byte nya saja yang membedakan? misal, saya mempunyai data i:36412 sebaiknya pake tipe medium(5) atau int(5) atau smallint(5)?terus terang saya masih bingung dalam penggunaan tipe data untuk tinyint, smallint,mediumint,int itu. terimakasih


Respon :anda bermain di MySQL atau bahasa pemrograman... kalau di Mysql juga bisa di set length nya... silakan saja dicoba
Posted by : wi2q | 28-04-2008

tgl tersebut berfungsi untuk tgl kapan pendataan semua data-data tersebut. jadi kira-kira bagaimana biar tabel2 tersebut ternormalisasi?
oya....di aplikasi delphinya saya buat 3 form untuk menginputkan data2 tersebut yaitu form umur,fasilitas,daerah. di form2 tersebut sekaligus saya gunakan juga sebagai form untuk menampilkan data hasil pencarian berdasar kode kota dan tgl.yang saya bingungkan ketika menginputkan/ meng-add data baru berarti field tgl juga akan bertambahkan jadi saya kepikiran untuk menjadi tgl dan kode kota sebagai kunci di tiap tabel tadi.kira-kira ada solusi yang lebih baik tidak agar tabel2 tersebut ternormalisasi Pak?terimakasih


Respon :Jika kunci salah satunya tanggal, berarti datanya bisa diinput per hari. Sehingga memungkinkan dalam 1 bulan ada 30 data dalam 1 kategori

1 komentar:

  1. Pak,
    Apakah primary key bisa dipakai berulang pada beberapa record hasil "append" file ?

    Agar report yang ditampilkan nantinya berdasarkan satu nilai primary, untuk beberapa record.

    Ada solusinya pak ? Terima kasih

    BalasHapus