Rabu, 07 Januari 2009

Otak Atik Joomla

Otak-atik Global Configuration di Joomla
May 8th, 2008 | By ari syarifudin | Category: Tutorial Joomla

Salah satu komponen penting Joomla di bagian back-end adalah komponen (component) Global Configuration. Komponen ini sangat berperan aktif di awal installasi, migrasi (migration) system, backup database dan trouble shooting saat terjadi masalah di system. Tidak seperti situs berbasis wordpress, Joomla melengkapkan konfigurasinya di sini. Bagi para pemula (newbie, Joomla beginner) ini nampak rumit. Ada tiga elemen penting yang diatur/kontrol (driven, controlled) oleh komponen (component) Global Configuration. Tiga elemen itu adalah Site, Server dan System. Bagaimana rupa dan isi komponen (component) Global Configuration ini. Mari ikuti penelusuran saya di situs ini.

Di artikel ini saya akan memandu (guidance) dan membimbing anda dalam tutorial yang sederhana. Tutorial komponen Joomla ini semudah mungkin untuk dibahas. Bila nanti ada ketidakmengertian, mohon mengirimkan komentar di situs ini. Sehingga kita bisa berdiskusi secara langsung. Untuk memudahkan tutorial dan guidance ini, saya mengharapkan anda langsung praktek (direct practising) di depan komputer anda. Jadi lebih mudah dipahami. Siap. Eit nanti dulu. Jangan lupa untuk mendaftar langganan berita di situs ini. Klik link ini untuk daftar

Halaman Muka Setting Configuration

Tiga elemen penting dalam Global Configuration yaitu Site, Server dan System. Tiga elemen adalah yang paling penting perannya dalam system administrasi Joomla. Dibandingkan melakukan aksi atau tindakan lain dalam ber-Joomla, halaman Global Configuration jarang disentuh. Sekarang kita akan mengobrak-abrik halaman ini.

Elemen Site

Elemen ini berisi berisi tiga fitur penting yaitu site settings, metadata settings, dan SEO (search engine optimization) settings . Baik sekarang saya presentasikan satu per satu komponen Joomla ini. Site settings yang dimiliki Joomla ini memiliki enam item keterangan. Tutorial ini akan membahas satu per satu item tersebut.

Site Settings

Yang pertama tentang Site Offline. Fitur ini menyediakan pilihan untuk menampilkan status website. Apakah dalam posisi perawatan (maintenance site building) atau sudah online situs Joomlanya. Pilihan No, akan menyebabkan situs Joomla akan tampil normal online seperti biasa.

Site Setting Joomla

Namun bila pilihannya Yes, maka situs akan ditampilkan dalam keadaan status perawatan. Seperti gambar di bawah ini

Joomla_Status_maintenance

Bila anda dalam tahap awal Joomla, lebih baik pilihannya adalah ini. Minimal mengurangi aksi Deface-ing, dari para pembajak situs. Bila sudah mapan dan terintegrasi system sekuritinya (security system site), maka boleh di-No-kan lagi.

Berikutnya Offline Message, adalah tempat untuk meletakkan kalimat atau kata-kata sebagai penjelasan bawah situs ini sedang dalam perawatan atau perbaikan. Kalimat bisa bebas disesuaikan dengan tujuan masing-masing.

Item berikutnya adalah Default WYSIWYG Editor. Item ini memberikan keluasan kontrol kepada administrator Joomla untuk memilih jenis editor teks pembantu yang diperlukan. Joomla memberikan pilihan TinyMCE 2.0 sebagai editor pilihan. Joomla juga menyediakan item mambot lain di http://extensions.joomla.org/ . Anda bisa mencari dan menelusuri jenis editor yang dibutuhkan.

Apalah arti sebuah nama untuk situs Joomla. Oups! Jelas sekali di jagat maya ada jutaan website yang berhamparan di jagat digital. Situs Joomla anda harus bernama. Untuk itu kolom isian Site Name harus diisi. Ingat jangan gegabah untuk isi sembarangan. Sesuaikan dengan isi dan tujuan situs.

Kolom isian List Length dipakai untuk mengontrol jumlah item content seperti artikel, informasi dan link yang tampil di situs. Biasanya ini untuk membatas jumlah tampilan berita dalam satu kali tampil halaman. Dalam satu kategori artikel misalnya tentang Narkoba jumlah filenya ada 50 artikel. Kalau list length nya 10, maka dia akan ditampilkan dalam 5 halaman. Sebab angka 50 dibagi 10 adalah 5. Nanti di tiap-tiap halaman tersebut ada alat bantu navigasi yang otomatis.

Begitupun dengan Feed Length, setingan ini membatasi jumlah halaman yang diambil oleh Feed or RSS untuk ditampilkan dalam satu halaman. Apakah feed itu? Lihat di artikel saya atau search di situs ini.

Metadata settings

Fitur kedua Joomla ini adalah metadata settings. Elemen Joomla ini merupakan kumpulan item Global Site Meta Description, Global Site Meta Keywords, Show Title Meta Tag, dan Show Author Meta Tag.

Metadata_settings Joomla

Item yang pertama yaitu Global Site Meta Description. Item ini disediakan untuk menampung keterangan tentang situs Joomla anda. Situs Joomla yang anda buat harus diberikan keterangan. Kenapa? Agar situs Joomla anda saat di-crawled, diindeks, atau diidentifikasi oleh robot server search engine, ada keterangan atau informasi tentang situs Joomla anda. Ini penting sebagai identitas sebuah situs Joomla anda.

Berikutnya adalah item Global Site Meta Keywords. Sama seperti Global Site Meta Description, item Joomla ini menyediakan tempat untuk meletakkan beberapa kata yang menjadi inti dari situs anda. Inti kata tersebut dinamakan keyword. Ada yang menyebutnya kata kunci. Jadi kata yang menjadi kunci utama dari sebuah situs. Jantung sebuah situs ada di keyword. Jadi sangat penting bagi situs Joomla. Untuk mendapatkan keyword yang pas butuh riset.

Harap diperhatikan untuk penulisan keyword. Satu keyword diwakili satu kata atau dua-tiga kata (frase). Satu keyword dibatasi oleh tanda koma. Untuk frase diapit oleh dua tanda kutip. Jumlah keyword yang dibatasi hingga 1000 kata. Itu artinya ada 1000 koma pembatas. Untuk detailnya, saya menyediakan tutorial “How to make many important keyword di situs ini”. Tolong ingatkan saya nanti.

Item Show Title Meta Tag dan Show Author Meta Tag bertujuan untuk menampilkan informasi dari sebuah halaman situs. Setiap artikel memiliki dua item ini. Untuk detailnya silakan lihat gambar di bawah ini.

Show Title Meta Tag dan Show Author Meta Tag

Gambar di atas ada di halaman artikel. Jadi saat membuat artikel baru atau mengubah artikel di Joomla, maka di sampingkananya ada keterangan metadata information. Defaultnya pilih YES untuk keduanya.

SEO (search engine optimization)

SEO atau search engine optimization merupakan fasilitas untuk para pelaku SEO. Diakui, kelemahan sebuah CMS dinamis seperti Joomla adalah menggunakan kode-kode script (scripting code) yang harus bisa dibaca oleh mesin server. Kode-kode script HTML/PHP ini penamaanya tidak familiar, aneh dan sedikit membosankan. Menurut pengamat SEO hal ini jadi tidak bersahabat, tidak nyaman bagi mesin pencari. Solusinya adalah dengan mengubah penamaan halaman web yang lebih mudah dipahami.

Untuk itu Joomla menyediakan fasilitas pengubahan nama halaman situs menjadi lebih nyaman dan enak buat mesin pencari. Bagi pemula, untuk SEO settings ini bisa dilupakan. Nanti akan saya jelaskan di tutorial selanjutnya. Untuk sementara gunakan pilihan default seperti ini.

SEO (search engine optimatization)

Pembahasan selanjutnya mengenai Server dan System akan dipaparkan. Untuk memahami dua settings itu memerlukan pengetahuan yang lebih. Jadi untuk sementara pembahasan sampai di sini. Nanti akan dilanjutkan membahas per elemen.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar