Rabu, 07 Januari 2009

Membuat Menu Kirim.php

Membuat Halaman Pengiriman E-mail dengan Tag HTML Menggunakan PHP
post info
By Usagi
Categories: PHP

Pak Brotowali pemilik warung serba ada (Waserba) yang berlokasi di ujung gang Pojok Kenyot sedang memandangi layar monitor komputernya dengan kesal di dalam warung kesayangannya itu. Pasalnya, akses internet di warungnya itu tidak secepat yang diharapkannnya. Dia harus menambahkan Tab baru atau berpindah halaman pada web browsernya hanya sekedar ingin melakukan order ke pemasoknya melalui email. Padahal setiap menitnya dia harus mengecek data pemasukan dan pengeluaran yang setiap menit angkanya selalu berubah pada Sistem Informasi warungnya yang juga menggunakan akses internet. Alhasil, karena kelebihan “muatan”, internet di warungnya semakin terasa lamban saja. ” Wah, benar-benar menyebalkan !”, kata Pak Brotowali.

Lalu tiba-tiba dia teringat dengan anaknya, si Boyot, yang lulusan Teknik Informatika tetapi belum juga bekerja , lalu berkatalah Pak Brotowali “Yot, daripada kamu nganggur ndak ada pekerjaan, mbok kamu tolong renovasi Aplikasi warung bapakmu ini supaya bapak bisa mengamati distribusi barang sekaligus bisa ngirim order lewat email !, piye yot ? bisa ndak kamu ?? “. Sekali lagi boyot yang lulusan Informatika itu menjawab, ” wah, kalo itu sih kuecill pak, ! Ya udah nanti boyot yang beresin ! “. Akhirnya si Boyot mulai mengerjakan dan merenovasi palikasi warung bapaknya agar dapat mengirimkan email melalui aplikasi warung tersebut tanpa perlu menambahkan Tab ataupun berpindah halaman pada web browser.

Yup! Mungkin bagi si Boyot yang lulusan Teknik Informatika itu, membuat aplikasi atau Sistem Informasi berbasis web yang memiliki fasilitas pengiriman email secara mandiri merupakan hal yang mudah dilakukan. Tapi mungkin buat seseorang yang masih belajar atau baru mengenal web based programming bisa saja berfikir “Bisa nggak ya ?”.

mmm.. berdasarkan wawancara saya kepada si Boyot, ternyata apa yang dikatakan si Boyot itu benar adanya. Ternyata membuat halaman pengiriman email itu mudah !.

Tapi sebelumnya ini nih yang kamu perlukan :

1. HTML Editor semacam Macromedia Dreamweaver atau Text Editor biasa semacam notepad juga bisa.
2. File Form.php, merupakan form pengiriman email
3. File Kirim.php yang akan mengirimkan pesan ke alamat email yang dituju

Kemudian :

1. Buka HTML Editor atau Text Editor kamu.

2. Kemudian tuliskan script sebagai berikut :


Untitled Document



































































Form Pengiriman Email
To :



From :



Subject :



Message :















3. Kemudian, simpan file tersebut dengan nama form.php. File tersebut jika diakses di web browser akan menghasilkan tampilan sebagai berikut :

form-email

4. Langkah selanjutnya adalah membuat file Kirim.php yang akan digunakan untuk mengirimkan pesan ke alamat email yang dituju.

5. Tulislah script berikut pada HTML editor atau Text editor :


$message=$_POST[message];

$from=$_POST[from];

$headers=’MIME-Version: 1.0′ .”\r\n”;

$headers .=’content-type: text/html; charset=iso-8859-1′ .”\r\n”;

$headers .= ‘To: ‘ .$to. “\r\n”;

$headers .= ‘From:’ .$from. “\r\n”;

$email_oke=”^.+@.+\..+$”;

if ($email!=”" || $from !=”") {

if (ereg($email_oke,$email) &&

ereg($email_oke,$from)){

mail ($to,$subject,$message,$headers);

} else {

echo “”;

}

}

?>

6. Lalu kemudian Upload kedua file tersebut ke web hosting (NB: kamu harus daftar ke web hosting dulu untuk mencobanya !! )

7. kalau tidak ada kesalahan penulisan, kamu sudah bisa mencoba mengirimkan email melalui form yang kamu buat.

8. Mudah kan !! OK, Have a Nice Try !!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar