Rabu, 07 Januari 2009

Membuat Admin Dengan PHP

Script admin with php and mysql 10:17
komentar (0)
Filed under: php

Mengisi liburan kuliah,aku coba-coba untuk melamar jadi assisten lep di lingkungan kampus aku, tepatnya lep internet... kemudian untuk melengkapi persyaratan aku diminta untuk membuat project ujian OL yang di dalamnya diminta ada menu untuk adminnya. Disini aku punya script yang aku buat(modivikasi lebih tepatnya) untuk membuat halaman admin.
berikut script-scriptnya :


script ini dibuat untuk tampilan Login bagi admin, di script ini aku link ke file css aku untuk membuat tampilan lebih bagus. File ini aku save dengan nama "login_admin.php", tpi maap blm sempet posting kode css nya




Prosperity









Login admin































Admin :
Password :
   








hasilnya akan seperti ini



kemudian untuk masuk kedalam menu admin tentunya diperlukan pengecekan ke database, maka anda harus membuat data base dulu, disini aku menggunakan database mysql.aku ngebuat database ini dengan nama "test" dan tablenya aku kasih nama "admin" Dan berikut scriptnya :

-- phpMyAdmin SQL Dump
-- version 2.8.1
-- http://www.phpmyadmin.net
--
-- Host: localhost
-- Generation Time: Aug 03, 2008 at 12:45 AM
-- Server version: 5.0.21
-- PHP Version: 5.1.4
--
-- Database: `test`
--

-- --------------------------------------------------------

--
-- Table structure for table `admin`
--

CREATE TABLE `admin` (
`admin` varchar(20) collate latin1_general_ci NOT NULL,
`password` varchar(30) collate latin1_general_ci NOT NULL,
PRIMARY KEY (`admin`)
) ENGINE=MyISAM DEFAULT CHARSET=latin1 COLLATE=latin1_general_ci;





kemudian untuk melakukan pengecekan dari data yang dimasukan maka aku buatlah file dengan nama "checkadmin.php", berikut scripnya:

ob_start();
session_start();
$host="localhost"; // Host name
$username="root"; // Mysql username
$password=""; // Mysql password
$db_name="test"; // Database name
$tbl_name="admin"; // Table name

// Connect to server and select databse.
mysql_connect("$host", "$username", "$password")or die("cannot connect");
mysql_select_db("$db_name")or die("cannot select DB");

// Define $myusername and $mypassword
$admin=$_POST['admin'];
$password=$_POST['password'];


// To protect MySQL injection (more detail about MySQL injection)
$admin = stripslashes($admin);
$password = stripslashes($password);
$admin= mysql_real_escape_string($admin);
$password = mysql_real_escape_string($password);

$sql="SELECT * FROM $tbl_name WHERE admin='$admin' and password='$password'";
$result=mysql_query($sql);

// Mysql_num_row is counting table row
$count=mysql_num_rows($result);
// If result matched $myusername and $mypassword, table row must be 1 row

if($count==1){
// Register $myusername, $mypassword and redirect to file "login_success.php"
session_register("admin");
session_register("password");
header("location:admin.php");
}
else {
header("location:loginadmin_gagal.php");
}

ob_end_flush();
?>

script ini diatas akan mengautentifikasi apakah dapat masuk ke menu admin atau tidak...

script di atas tentunya sangat tidak sempurna, ada beberapa bagian yang seharusnya di tambah lagi, namun karena keterbatasan otak jadi hanya itu yang dapat aku buat sementara ini.. namanya juga belajar,,,, hehehee



Srcipt Php Membuat Database Mysql 04:59
komentar (0)
Filed under: php

Sudah cukup lama tidak ngoding bersama php jadinya banyak script-srcipt yang lupa, yahh namanya juga manusia tempat hilap dan lupa. Ketika gw ingin membuat database mysql lewat script php ternyata gagal terus. Gw menggunakan script seperti dibawah ini.


$nm_database="basket";
$sambung=mysql_connect("localhost","root","");
if($sambung) {
echo "koneksi berhasil";
} else {
echo "koneksi gagal";
}
$buat=mysql_create_db($nm_database);
if(buat) {
echo "database $nm_database berhasil dibuat";
} else {
echo "database gagal dibuat";
}
?>



Sebelumnya gw ingin menjelaskan script nya terlebih dahulu. Pada scrip diatas terdapat dua bagian penting, bagian yang pertama gw ingin ngecek apa php terkoneksi dengan database mysql :


$sambung=mysql_connect("localhost","root","");
if($sambung) {
echo "koneksi berhasil";
} else {
echo "koneksi gagal";
}



script yang di garis bawahin dan dicetak tebal tersebut dimaksudkan untuk mengkoneksikan php dengan mysql.
Bila koneksi berhasil maka akan mucul kalimat koneksi berhasil

Kemudian pada bagian kedua adalah script untuk membuat database pada mysql, maksudnya kita tidak perlu lagi masuk kedalam phpmyadmin untuk membuat database mysql,melalui script tersebut kita bisa langsung membuatnya.


$buat=mysql_create_db($nm_database);
if(buat) {
echo "
database $nm_database berhasil dibuat";
} else {
echo "
database gagal dibuat";
}



script yang dicetak miring tersebut dimaksudkan untuk membuat database, dengan nama database yang sudah diklarasikan sebelumnya, Namun ternyata setelah dijalankan terdapat pesan kesalah,seperti berikut


Fatal error: Call to undefined function mysql_create_db() in C:\Program Files\xampp\htdocs\buatdatabase1.php on line 9



Sehingga seluruh tampilan dari file tersebut(gabungan kedua bagian) menjadi


koneksi berhasil
Fatal error: Call to undefined function mysql_create_db() in C:\Program Files\xampp\htdocs\buatdatabase1.php on line 9



oleh sebab itu untuk dapat membuat database melalui scrip php gw mengubah script

$buat=mysql_create_db($nm_database);

menjadi

$buat=mysql_query("create database $nm_database");

dan bagaimana hasilnya??!! Setelah gw jalankan programnya maka di web browser gw muncullah


koneksi berhasil
database basket berhasil dibuat



yang berarti koneksi ke mysql berhasil dan pembuatan database dengan nama "basket" berhasil juga, oleh sebab itu untuk selanjutnya semua yang menggunakan query mending pake script seperti dibawah ini


$buat=mysql_query();



Semoga membantu...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar