Rabu, 07 Januari 2009

Install Joomla Di Server Lokal

Install Joomla di Server Lokal
October 9th, 2008 • Related • Filed Under
Filed Under: Joomla
Tags: Installasi • Joomla • Lokal • Server
feature photo

Baik bagi rekan yang mungkin masih belajar tentang Web khususnya Joomla seperti saya, bagi yang sudah Jago mungkin bisa menambahkan biar kita-kita makin banyak tahu tentang Joomla. Kali ini saya akan coba share dan belajar bersama cara menginstall joomla di server lokal, khususnya webserver Apache yang sudah bundling dalam Xampp, melanjutkan postingan sebelumnya.

Pertama yang perlu disiapkan adalah Engine Joomla, kali ini yang saya akan coba disini adalah Joomla Versi 1.0.15 versi terakhir saat tulisan ini di buat. Bagi yang belum mempunyai Joomla silahkan download disini. Setelah di Download, extrack file joomla tersebut sehingga menjadi beberpa Folder bawaan Joomla.

Sekarang tinggal membuat nama website kita, karena disini masih server lokal maka kita tidak menyebut nama Domain. Saya akan mengilustrasikan subfolder ini sebagai nama domain kita.

1. Buka explorer buka folder Xampp sehingga terbuka seluruh subfoldernya, ok jika sudah terlihat, perhatikan subfolder dengan nama htdocs. Jika sudah ketemu buka subfolder tersebut. Nah jika sudah di buka, buat subfolder lagi di bawah htdocs dengan nama webpertamaku (saya ilsutrasikan ini adalah nama domain kita) yang nantinya kita eksekusi di webbrowser kita. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini. (Anda bisa membuat nama subfolder sesuka Anda)

2. Setelah subfolder dengan nama webpertamaku di buat, extract file paket joomla di sini.

3. Wets…sampai disini Anda stop dulu acara copy paste. Sekarang tinggal membuat database Mysql buat webpertamaku tadi. OK. Caranya kita kan sudah Install Xammp, untuk membuat databasenya kita menggunakan bantuan Phpmyadmin. Caranya buka web browser kesukaan Kamu, Kalau saya boleh Nyaranin pake Mozila aza. Ketikan url berikut : http://localhost/phpmyadmin atau bisa buka dulu http://localhost dan di baris menus tools sebelah kiri ada tulisan phpmyadmin klik phpMydamin sehingga tampilannya akan seperti di bawah ini:

4. Setelah terbuka phpMyadmin buat database nya disini, caranya ketik nama database yang akan kita buat sebagai contoh saya akan beri nama : pertama (jadi ingat databasenya namanya pertama) Jika Anda menginstall Xampp secara depault biasanya tidak diberi password) Ingat setingan ini hanya bisa di buat pada server lokal, berbeda jika kita membuat pada hosting server yang kita sewa di luar. Insya Allah nanti saya buat juga cara Install Joomla secara manual di Hosting luar.

5. Ketikan nama “pertama” pada kolom dibawah tulisan “Create new database” kemudian tekan “Create”

6. Sampai disini proses pembuatan database sudah selesai, namun isinya masih kosong tidak ada tabelnya. Biarkan ini apaadanya karena Joomla akan mengimport tabel kedalam database secara otomatis. Yang perlu diingat nama database itu tadi yaitu “pertama“. Sekarang tinggalkan phpMyadmin.

7. Buka webrowser lagi ketikan Url berikut ini http/localhost/webpertamaku (Proses ini dilakukan untuk menginstall joomla dan mengitregasikan databse yang sudah kita buat dengan enggine joomla yang sudah di extract di dalam subfolder webpertamaku.Nama Wbpertamaku anggap saja itulah domain baru kita yang kita buat di dalam server lokal kita yang baru kita buat. Setelah kita ketikan url tersebut maka akan terbuka seperti di bawah ini:

8. Setelah terbuka maka proses installasi joomla mulai dilakukan ” Tekan Next” untuk melanjutkan installasi berikutnya pada tahapan ini tidak ada yang perlu kita apa-apakan hanya berisisi informasi Direktori yang ada dan yang di rekomondasikan. Hal ini perlu diketahui jika kita menginstall joomla di Hosting luar.

9. Setelah klik Next tahapan ini berisikan GNU/GPL Public License dimana joomla saat ini berada. “Kllik Next”

10. Pada step pertama ini kita mengintregasikan antara joomla dengan database yang sudah kita buat dimana kita musti mengisi kolom-kolom berikut:

* Host Name masukan/ketikan “localhost” (tanpa tanda kutip)
* MySQL User Name masukan/ketikan “root” (tanpa tanda kutip)
* MySQL Password biarkan ksosong jangan diisi
* MySQL Database NameMasukan/ketikan “pertama” (nama database yang kita buat melalui phpMyadmin sebelumnya)
* MySQL Table Prefix biarkan sesuai depault (Bisa anda rubah juga sesuai kesukaan anda)

Setelah semua diisi “klik Next ” maka akan keluar Popup yang menanyakan apakah setingan kita suda benar jika kita sudah yakin benar maka klik aza “OK”

11. Jika setingan kita sudah benar maka proses selanjutnya melangkah pada step 2 yaitu memberi nama Website kita isikan sesuai keinganan Anda saya ambil Contoh dengan mengetikan “Belajar Website dengan Joomla” Kemudian “klik Next”


Catatan : Nama website disini bisa kita edit atau rubah kembali, jadi jangan khawatir Anda mau mengetikan apa saja disini.

12. Setelah di klik maka kita memasuki tahap ke 3 yaitu mengkonfirmasi nama URL kita, path dimana file website kita di simpan, e-mail admin dan struktur file/direktory CHMOD nya dan mengeset Password untuk admin. yang perlu kita isi yaitu nama email admin dan password nya (Biarpun depault password telah disediakan dikarenakan password tersebut sulit untuk diingat kita bisa Anda rubah sesuai keinginan kita saya contohkan disini passwordnya “admin“. Setelah itu “Klik Next”

13. Step terakhir atau step 4 menginformasikan bahwa Joomla sudah berhasil di Instal serta menginformasikan username dan passwordnya. Ok sampai disini Anda harus mengingat bahwa username depaulet adalah admin dan passwordnya tergantung Anda sebelumnya mengetikan apa kalau dalam tutor ini saya buat password “admin” maka yang di tampilkan adalah ussername “admin” dan password “admin“.

14.OK sampai disini Anda sudah berhasil menginstall joomla di server lokal Anda, ssst jangan terburu-buru langsung ingin mengakses web baru Anda karena ada satu tahapan lagi yaiyu Anda harus menghapus Direktory Installasi Anda di folder Joomla tadi. Caranya buka explorer Anda klik subfolder “webpertamaku” cari direktory “Installation”

15. Kalau sudah di hapus folder “installation” kita sudah bisa mengakses website kita maka akan keluar lah website yang sudah kita buat dengan tampilan depault joomla seperti gambar di bawah ini. Ini adalah template setandar bawaan Joomla.

16. Langkah terakhir untuk mengkonfigurasi ulang webkita kita bisa masuk dalam menu admin dengan mengetikan url berikut http://localhost/webpertamaku/administrator dengan username dan password yang telah kita buat sebelumnya. Selanjutnya Anda tinggal berkreasi untuk mengganti atau menambah template, modul, component sesuai kebutuhan Anda. OK selamat mencoba dan brekreasi mudah-mudahan sedikit banyaknya bisa membantu bagi pemula seperti saya. Karena ini versi lokal, tips saya jangan takut merubah atau mengganti, telusuri menu demi menu kemudian lihat hasilnya pa yang berubah, lama kelamaan pasti akan paham. Selamat berkrea

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar