Rabu, 07 Januari 2009

Mengenal Menu Joomla

Menu Joomla dimanakah kau berada?
May 14th, 2008 | By ari syarifudin | Category: Tutorial Joomla

Salah satu bagian penting dari sebuah website adalah menyediakan menu system. Menu system ini memegang kendala dari sebuah sistem website. Semakin bagi struktur sebuah system akan membuat pengunjung (user-visitor) akan berlama-lama di situs. Bila visitor (pengunjung) enjoy, betah nangkring dan berseliweran di web, maka bounch rate akan berkurang. melihat pentingnya sebuah menu system, Joomla menawarkan sebuah menu system yang canggih, sempurna dan easy navigate. Bagaimana Joomla menyediakannya buat anda, telusuri tulisan berikut ini.

Artikel ini akan berkisah mengenai menu system Joomla. Penulis memfokuskan di situ. Ingin berdiskusi ke menu system lain, silakan beri komentar di bawah. Saya akan se-Mampunya menjawab. Mau dapat update berita terbaru dari tulisan ini, silakan berlangganan berita update dari situs ini. Klik link ini untuk daftar. Jangan lupa untuk berdiskusi di komentar untuk bertanya jawab. Yuk, kita lanjutkan bahasannya.

Ada perbedaan yang mendasar antara menu System Joomla dengan menu system dengan CMS lain seperti Wordpress, Movable type dan CMS blog lainnya. System menu Joomla, dibuat atas keaktifan user. Harus ada inisiatif user untuk membuat menu. Bila di Wordpress, user tidak perlu membuat menu. Menu akan muncul dengan sendirinya tanpa ada inisiatif. Jadi bila anda lama dan jago di wordpress, maka tidak semudah itu anda membuat menu di Joomla. Ini adalah perbedaan mendasar antara CMS weBlog dengan CMS framework Joomla. (Yang mau ngutip pernyataan ini silakan. Belum ada yang berkesimpulan seperti ini. Yang mau bikin buku Joomla, monggo dikutip).

Menu System Joomla

Secara teknis dan pelaksanaan, pembuatan menu Joomla semudah menjentikkan jari. Tak ada yang sulit di Joomla. CMS Joomla menawarkan berbagai fasilitas yang canggih, easy creating dan operate-able. Joomla hanya menuntuk kreatifitas, kesabaran dan ide-ide brilian. Cukup dengan 2 (dua) jari, anda bisa membuat menu Joomla.

Dalam membuat menu system, Joomla menuntut keaktifan dan kreatifitas pemilik situs untuk mengklasifikasi menu. Apakah akan menampilkan menu berdasarkan kategori atau tema (section) yang akan ditampilkan di web. Semakin banyak kategori, topik atau tema yang dirumuskan maka akan lebih baik. Hal itu akan memudahkan pengunjung (user-visitor site) dapat berkonsentrasi pada informasi yang dibutuhkan berdasarkan kategori, topik atau tema. Semakin banyak materi topik yang akan dimunculkan, maka akan semakin banyak menu yang harus dipikirkan.

Tata letak menu

Untuk tata letak, menu system Joomla dibagi empat yaitu atas (top), kiri (left), kanan (right), dan bawah (bottom). Keempat menu system ini secara default bisa hadir semua di situs. Namun anda bisa memilih untuk tidak menampilkan semua menu. Silakan diterapkan berdasarkan kebutuhan. Yang fardhu adalah atas dan kiri (kanan). Yang sunnah bagian bawah (bottom). Keempatnya dimunculkan itu adalah sempurna. Anda yang memilih, karena anda yang memegang kontrolnya.

Jenis Menu : Statis atau dinamis?

Saya mendefinisikan menu atas dua jenis yaitu berdasarkan (perubahan) halaman yang akan muncul di sebuah situs. Semakin banyak halaman yang muncul setiap waktu dalam sebuah menu bisa digolongkan dalam menu dinamis. Bila halamannya terus bertambah banyak, juga bisa dimasukkan ke dalah menu dinamis. Jadi semakin banyak halaman, semakin sering diupdate dan semakin sering berubah (per satuan waktu yang pendek) maka semua halaman itu dikelompokkan ke dalam tipe menu dinamis. Contoh disini adalah menu artikel, menu berita, menu informasi, menu kegiatan, menu topik A, topik B dan lain-lain

Berlawanan dengan menu dinamis, menu statis biasanya halaman yang tidak berubah dalam waktu yang panjang. Contohnya disini adalah menu profil, menu about us, menu contact us, menu disclaimer, dan menu lainnnya. Karena tidak banyak perubahan yang berarti, jumlah halaman konstan, jarang diupdate maka hal ini bisa disimpulkan sebagai menu statis.

Lalu, bagaimana menu system Joomla bekerja?

Joomla versi terbaru 1.5 RC 2 memiliki system yang berbeda dengan Joomla 1.0. Ada perbedaan mendasar di teknis pembuatannya. Ada bentuk penyeragaman dalam membuat menu statis dan dinamis. Secara system, Joomla membutuhkan pengumpan untuk mendefinisikan menu. Umpan itu adalah kategori (category) dan topik (section). Satu menu hanya memiliki satu section. Satu menu boleh memiliki ribuan kategori. Jadi satu menu HARUS memiliki satu SECTION dan (minimal) satu kategori. Untuk detailnya lihat gambar di bawah ini.

Saat anda akan membuat menu dinamis, pikirkanlah pembagian topik (section) dan pemilahan kategori. Satu topik bisa memiliki banyak kategori. Sebagai contoh kita akan membuat menu bernama “Produk Gebrag “. Menu artikel ini akan berisi satu topik (section) yang bernama “Produk” (section). Topik produk ini memiliki 3 (tiga) kategori yaitu Soccer Score, SMS Ciffest, dan Phonebook Sync. Untuk detailnya lihat gambar di bawah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar