Rabu, 07 Januari 2009

Mengenal Komponen Joomla DOCMAN

Mengenal Komponen Joomla DOCMAN
Nov 3rd, 2008 | By ari syarifudin | Category: Component, Tutorial Joomla

Salah satu komponen favorit Joomla yang paling yahud adalah DOCman. Komponen Joomla pengelola dokumen ini selalu saya andalkan. Apalagi saat menerima project website Joomla untuk pengelolaan dokumen digital. Ingin tahu lebih jauh tentang DOCman-Joomla ini. Ikuti pembahasannya mulai dari keunggulan, installasi dan Trouble shooting.

Docman LogoDOCMan merupakan alat bantu komponen Joomla yang cukup dibanggakan. Tools ini melengkapi kesempurnaan Joomla sebagai pengolah dokumen digital Joomla. Dua kata kunci dari DOCman adalah dokumen manajemen (document management) dan download system Joomla bagi user. Dengan kemampuan DOCman ini, user Joomla bisa dengan mudah mengupload, download dan pembatasan hak asese.

Fitur DOCman yang saya catat yaitu :
1. Tersedianya kategori dan sub kategori untuk pengelompokan. Semua dokumen dengan rapihnya bisa ditata dalam kategori dan sub kategori. Jumlahnya unlimited. Tergantung kapasitas kuota server anda. Semua kategori dan sub kategori ini mudah sekali didefinisikan di Joomla

2. Semua file yang diupload dan disimpan bisa diletakkan di mana saja. Jadi semua dokumennya bisa diletakkan di dalam server sendiri atau terpisah di server lain. Cukup dengan mengirimkan URL-nya. Ini cukup membantu bagi yang ingin mendayagunakan free hosting image dan dokumen.

3. Kemampuan hak akses yang full-controlled berdasarkan kategori dan group (kelompok) akses yang sudah dikelompokkan

4. Adanya catatan rekam jejak ( track record) log yang mendownload/unduh dokumen berdasarkan nama user, IP address, tanggal dan waktu.

5.Memiliki mesin pencari sendiri sehingga bisa diakses lewat Joomla Search

6. Dilengkapi persenjataan ‘anti leech”. Dengan senjata ini orang/user lain tidak bisa melakukan link-hyperlink ke akses dokumen. Anti leech setidaknya mengurangi akses bandiwith dan kerusakan server hosting.

7. Template yang bisa diotak-atik. Ini yang nikmat theme DOCman bisa dioprek-oprek sesuai keinginan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar