Kamis, 08 Januari 2009

Membuat situs portal dengan OSS Joomla CMS

Membuat situs portal dengan OSS Joomla CMS
by FX. Eko Budi Kristanto
Salah satu kontribusi komunitas open source untuk dunia adalah dengan adanya software untuk membuat situs portal berbasis CMS (Content Manajemen System). Banyak sekali Software Open Source yang dikembangkan oleh komunitas untuk kita gunakan sebagai mesin pembuat situs portal. Beberapa diantaranya yang memiliki fitur sangat baik dan telah banyak digunakan dalam pembuatan situs portal adalah: Joomla, Mambo, MediaWiki, dan Drupal. Rekan-rekan dapat mengunjungi situs resminya untuk mendapat penjelasan lebih lanjut. Sekedar informasi, saya sudah berhasil menjalankan ke-4 aplikasi CMS tersebut. Pada kesempatan lain akan saya ceritakan satu persatu pengalaman saya bersamanya. Pada kesempatan ini saya ingin menceritakan pengalaman saya dalam membuat situs portal menggunakan Joomla CMS untuk membuat situs tempat kerja saya beberapa bulan lalu, di Biro Sarana YBHK. Kebetulan saat ini saya juga sedang mulai membuat situs portal untuk ruangan Biro tempat kerja saya yang baru dan belum saya publish, sehingga saya lebih mudah menuliskannya.

Joomla merupakan aplikasi CMS yang saya pelajari cukup serius untuk mengenal OSS pembuat website CMS. Meski sebelumnya saya sudah mencoba dengan Mambo. Situs resmi Joomla di http://www.joomla.org, saat saya menuliskan artikel ini versi stabil yang bebas didownload adalah Joomla 1.0.12. Untuk memulai membuat situs tersebut, pastikan bahwa LAMP (Linux, Apache, PHP, dan MySQL) yang digunakan sudah berjalan dengan baik. Langkah-langkah saya dalam pembuatan selengkapnya sebagai berikut:

Download source Joomla, Komponen, Modul, Mambots, dan Templates yang akan digunakan pada situs.
Meletakan source hasil ekstraksi Joomla ke root direktori Web Server.
Membuat database dan user MySQL yang digunakan untuk Joomla kita nantinya.
Instal Joomla dan konfigurasi awalnya. Singkatnya, jika URL web server kita untuk Joomla CMS adalah http://localhost/joomla, maka tuliskan saja URL tersebut pada Web Browser. Selanjutnya tinggal ikuti instruksi yang diberikan. Dalam proses instalasi ini Anda akan diminta untuk memasukkan Nama Webserver, nama database untuk situs, Username dan Password yang digunakan.
Instal Komponen, Modul, Mambots dan Templates
Instal dan konfigurasi bahasa yang digunakan
Kelola dan atur situs baru (menu, tata letak, isi dan sebagainya)
Pada bulan depan jika memungkinkan saya akan menuliskan langkah0langkah saya dalam instalasi Joomla CMS secara detail pada Sistem Linux Fedora 7 (yang menggunakan Apache, MySQL, dan PHP 5) yang saya gunakan saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar