Rabu, 07 Januari 2009

Koneksi PHP dengan MYSQL

Pembuatan situs web dinamis biasanya menggunakan database. PHP mensupport beberapa database diantaranya adalah MySQL dan Oracle (support database Oracle untuk Redhat 7 memerlukan kompilasi khusus, klik di sini untuk melihat artikel kompilasi Apache agar support Oracle 9i).

Dalam artikel ini akan ditunjukkan cara koneksi database dengan MySQL dari PHP.

Secara umum langkah perintah-perintahnya adalah sebagai berikut (diasumsikan Web server ada di alamat 192.168.1.2, menggunakan server database dengan alamat 192.168.1.1, user coba, password cobapsw, database prothelon, table tabel1) :

mysql_connect('192.168.1.1','coba'.'cobapsw');

$data_buffer=mysql_query("select * from prothelon.tabel1");

while($data=mysql_fetch_row($data_buffer)){

echo("Ini adalah datanya $data[0], $data[1]
");

}

mysql_close();

?>


Harap diperhatikan bahwa sebelum dapat diakses oleh PHP, maka perlu dibuat user sebagaimana contoh dengan perintah MySQL sebagai berikut :

GRANT ALL on prothelon.* to coba@'192.168.1.2' identified by 'cobapsw';


Sangat mudah bukan ??


Selamat mencoba..

BTW, kalau pengen kursus bikin web & PHP sambil praktek plus dapet duit juga coba deh ke kursus-online.com aja.
Last Updated ( Tuesday, 31 January 2006 )
< Prev
[ Back ]

Show (4) - Add comments:

Comments

masih bingung menggunakan php untuk menggunakan radio button dan checkbox minta programnya dong!!
Posted by joe, on 03/27/2008 at 01:34

Saya sarankan untuk menggunakan paket server lengkap saja untuk mempermudah proses instalasinya. Saya sendiri menggunakan XAMPP dilaptop saya. satu paket sudah lengkap PHP, MySWL dan FTP server.
Posted by Prothelord, whose homepage is here on 02/23/2008 at 11:15

mau tanya dunks....saya kan udah install apache versi 2.2 dan php5 dan juga mysql terbaru....nah pada saat saya lihat php info nya sudah ada mysql tertera disana, namun pada saat saya membuat guestbook atau install phpbb3, kok timbul pesan 'Apache http server has encountered a problem and needs to close.......'
saya lihat detailnya ternyata yang bermasalah adalah httpd.exe dan php5ts.dll
-----------------------------------------------------
szAppName : httpd.exe szAppVer : 2.2.8.0 szModName : php5ts.dll
szModVer : 5.2.5.5 offset : 0000ab4a
-----------------------------------------------------

mohon solusinya donk......
terima kasih
Posted by boak, on 02/21/2008 at 17:30

Bp / Ibu, mohon bantuannya donk,
Saya punya User di mySQL, misal 'userku', kemudian saya set passwordnya 'pwdku', hal tsb tdk dikoneksi dg perintah mysql_connect. Jika passwordnya diset menjadi NULL (kosong / tdk ada password) maka baru bisa.
Terima kasih atas bantuannya ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar