Jumat, 09 Januari 2009

mengenai RDBMS Mysql,

mengenai RDBMS Mysql,

Hari ini kita belajar mengenai RDBMS Mysql, tapi pada pertemuan tadi yang seharusnya kita ujian, tapi gak tau mengapa sampai dibatalkan. Kita sempat membahas ulang tentang cookie dan session.



Tujuan materi ini agar kita dapat memahami tentang DBMS MySQL, kemidian menggunakan perintah SQL untuk mendefinisikan basis data dan memanipulasi data. Program yang kita gunakan poada hari ini yaitu command prompt, dimana kita membuat folder, table dll melalui command promp.



Database adalah sebuah objek yang kompleks untuk menyimpan informasi yang terstruktur, yang diorganisir dan disimpan dalam suatu cara yang mengijinkan pemakainya untuk mengambil informasi dengan cepat dan efisien. Dengan mesin database, kita bias merancang aturan untuk melindungi database dari tindakan pemakai dan meminta DBMS untuk menerapkan aturan-aturan tersebut.



MySQL adalah multi user database yang menggunakan bahasa structured query language. Dalam operasi client server melibatkan server daemon MySQL, disisi menangani data yang bebagai macam program serta library yang berjalan disisi client. MySQL mampu untuk menangani data yang cukup besar. Perusahaan yang mengembangkan MySQL adalah TeX.



Dalam konteks bahasa SQL, pada umunya informasi tersimpan dalam table-tabel yang secara logic merupakan struktur dua dimensi yang terdiri atas baris-baris data yang berada dalam suatu atau lebih kolom. Baris pada table sering disebut sebagai instance dari data atau record, sedangkan kolom sering disebut sebagai attributes atau field. Keseluruhan itu ditampung dalam suatu wadah yang disebut database.







Structured Query Language

SQL adalah bahasa yang dpergunakan untuk mengakses data dalam basis data relational. Bahasa ini adalah bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relatyional. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini dalam mamnajemen datanya.

Jenis-jenis perintah SQL antara lain seperti yang terdapat dibawah ini:

Ø QUERY COMMAND à Yaitu perintah SQL yang merupakan satu-satunya cara untuk berkomunikasi denga database server.

Ø Data definition language à Yaitu perintah untuk mendefinisikan data, misalnya : create, alter, drop.

Ø Data control language à untuk mengatur privilege user ( administrasi database ).

Ø Data manipulation language à perintah-perintah yang digunakan untuk menampilkan data dan dapat menyebabkan perubahan data, misalnya : select, insert, update, delete.



Menjalankan MySQL

Untuk menjalankan MySQL, akan kita gunakan cara seperti contoh dibawah ini.
































Melihat Daftar Database

Dengan perintah show databases; mysql akan mengirimkan informasi mengenai nama-nama database yang terdapat pada DBMS MySQL Server yang sedang bekerja. Berikut ini contoh perintah untuk menampilkan daftar databases yang ada.


























Membuat Database

Untuk membuat databases pada mysql, bias dengan cara menuliskan “create database ;”. Pada tampilan diatas sudah terdapat dua databases yang sudah ada. Kalo kita belum terlalu jelas menggunakan mysql sebaiknya kita jangan mengganggu dua databases tersebut.

























Masuk database

Cara untuk memasuki database yang telah kita buat dengan menuliskan : “use ”. Contoh:


























Mengahpus database

Cara menghapus databases daengan cara menuliskan: “ drop database ”. Contoh:


































Tabel

Table adalah tempat untuk menyimpan data 2 dimensi yang terdiri dari kolom dan baris, struktur table berupa kolom-kolom ataui field-field, tipe data dan ukuran mesing-masing kolom. Untuk mmempersiapkan struktur table diperlukan perintah-perintah untuk membuat table, mengubah tipe data, memberikan atribut, dan sebagainya. Cara membuat table dengan menuliskan. “CREATE TABEL ( [],…);”. Contohnya ;


























Melihat daftar table

Untuk melihat table yang berada dalam database. Caranya seperti contoh dibawah ini.


























Melihat struktur table

Untuk melihat struktur table dapat dilakukan dengan cara berikut.




























Cara mengganti nama table, kita gunakan cara seperti contoh di bawah ini.















Menambah kolom.

Untuk menambah kolom pada table yang sudah kita buat, dilakukan dengan perintah pada contoh dibawah ini.




























Jika ingin menghapus kolom, menggunakan cara sebagai berikut.




































Manipulasi data table

Isi atau data dalam table sering disebut baris, row atau record, untuk melkaukan manipulasi data digunakan SQL yuang berkategori data manipulation language, yang meliputi proses :

Ø Penambahan Data / insert

Ø Penghapusan Data/ delete.

Ø Penggantian Data/ update.



Penambahan data

Untuk menambahkan data atau memasukan data kedalam table kita dilakukan dengan cara insert into.

Keterangan:

Ø Jika yang akan diisi semua kolom, maka nama kolom tidak perlu disebutkan.

Ø Jika nama kolom tidak disebutkan, maka nilai yang dimasukan harus mempenyai urutan yang sama seperti table pada waktu ditampilkan strukturnya dengan perintah DESC.

Contohnya:




































Untuk table yang kita buat:


























Jika yang diisikan tidak semua kolom, maka nama-nama kolom harus disebutkan. Demikian juga jika akan diisi sengan urutn berbeda maka nama kolom harus disebutkan dengan urutan yang sesuai.



Menampilkan data

Untuk menampilkan hanya data yang kita inginkan adalah dengan cara menggunakan perintah SELECT, dan mengganti tulisan * dengan nama kolom. Contohnya:




























Menghapus data

Untuk menghapus data harus menggunakan klausa WHERE, jika tidak maka semua data akan dihapus. Bentuk umum perintah untuk menghapus data adalah sebagai berikut.


























Mengganti data

Untuk mengganti data klausa WHERE juga sangat penting, sebab seperti perintah DELETE jika klausa tersebut tidak diberikan, maka semua baris akan mengalami perubahan data. Contohnya:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar