Jumat, 09 Januari 2009

Joomla, Script Gratis Yang Handal Untuk Membuat Website

Joomla, Script Gratis Yang Handal Untuk Membuat Website
post info
Oleh budiridwin
Kategori: Artwork, Internets dan Webdesign dan Website
Tags: CMS, gratis, handal, joomla

Bingung harus posting apa lagi di blog ini, setelah membaca tulisan dari Bapak Budi Putra tentang topik “NICHE”. Akhirnya saya mencoba memutuskan untuk berbagi pengalaman didalam penggunaan Joomla CMS yang merupakan CMS favorit saya saat ini dan sejak beberapa tahun lalu ketika masih bernama mambo.

Sebelum saya berbagi pengalaman saya dalam menggunakan Joomla CMS ada baiknya saya menceritakan sedikit apa yang dimaksud dengan CMS dan Joomla.

CMS (Content Management System) merupakan suatu aplikasi berbasis web yang digunakan untuk mengatur suatu konten/isi dari suatu website. lebih lanjut ….

Joomla merupakan CMS open source yang pertama kali dikembangkan oleh miro dengan nama Mambo. Dalam perjalanannya ternyata miro membuat yayasan mambo (Mambo Foundation) dan mewajibkan para pengembang yang terlibat dalam pengembangan joomla membayar, dan terkesan mambo akan dikomersialkan. Setelah kejadian tersebut akhirnya terjadi perpecahan di pengembang inti mambo dan sejak 16 September 2005 Joomla versi 1.0.0 resmi dirilis.

Dengan dirilisnya Joomla memberikan kebebasan kepada para pengembang-pengembang mambo untuk terlibat juga didalam pengembangan joomla. Kini perkembangan joomla lebih pesat dibandingkan mambo. Banyak instansi pemerintah, pendidikan, maupu korporat menggunakan Joomla untuk mengatur isi dari website yang mereka kelola.

Berikut ini contoh beberapa website yang menggunakan Joomla CMS :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar