Kamis, 08 Januari 2009

Belajar Perintah SQL Menggunakan MySQL

Belajar Perintah SQL Menggunakan MySQL
Jika anda ingin menjadi seorang programmer database, tentu bahasa SQL adalah salah satu bahasa wajib buat anda disamping bahasa pemrograman untuk front-end itu sendiri. Kali ini, saya mencoba untuk menulis artikel tentang cara belajar bahasa SQL menggunakan database MySQL.

MySQL mempunyai sebuah aplikasi untuk tempat kita belajar bahasa-bahasa SQL. Dan hebatnya aplikasi itu juga gratis, aplikasi tersebut disebut dengan MySQL Query Browser. MySQL Query Browser dapat anda unduh disini.

Setelah Query Browser di-install, anda dapat memanggilnya melalui Start -> All Programs -> MySQL -> MySQL Query Browser atau untuk lebih singkatnya, anda bisa membukanya dengan klik kanan ikon MySQL di systray (dekat jam) lalu klik menu MySQL Query Browser (seperti gambar diatas).

Lalu anda akan diminta login dulu, isikan user name dan password anda. Biasanya untuk pemakaian desktop saya lebih suka menggunakan root sebagai user saya dan password untuk root biasanya sudah diminta ketika installasi MySQL Server, jadi anda harus isikan password yang sama dengan password yang anda isikan ketika installasi. Untuk isian Default Schema dilayar login, isi dengan nama database anda, jika anda belum punya kosongkan saja dan jika anda dikonfirmasi masalah tersebut, klik Yes aja.


Setelah Query Browser terbuka, salah satu hal yang dapat membantu anda adalah tab Schemata, dengan tab ini anda dapat menjelajahi semua database, table dan field di MySQL Server anda. Dan perlu diingat bahwa sebelum kita memulai menjelajahi suatu database, gunakan perintah use nama_database; atau klik ganda nama schemata nya dulu.


Didekat tab schemata ada tab satu lagi yang sering saya gunakan, yaitu tab History. Di tab ini saya bisa memanggil lagi perintah-perintah yang pernah saya gunakan sehingga saya ngga usah ketik lagi perintah-perintah tersebut. Tinggal klik ganda saja, selesai.


Lalu tempat yang ‘paling’ penting di Query Browser ini adalah isian Query Edit. Disinilah anda dapat mencoba dan belajar memberikan perintah-perintah pada Query Browser ini dengan perintah-perintah dengan bahasa SQL.


Untuk memulai mencoba, ketikkan perintah SQL di kotak Query Edit lalu tekan tombol Ctrl + Enter untuk mengeksekusinya (bukan Enter saja, karena Enter akan membuat baris baru).


Dan hasilnya pun akan keluar di Result tab atau Tabsheet.


Nah kini kita bisa mulai mencoba dan belajar perintah-perintah SQL dengan menggunakan MySQL.

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar